Hardware

Mediatek Kenalkan Teknologi Charge Baterai Super Cepat

Saat ini teknologi di smartphone semakin hari semakin canggih dengan membawa berbagai fitur terbaru. Namun kita harus mengakui, baterai menjadi bagian yang kurang tersentuh inovasi teknologi. Meskipun para pabrikan gadget telah mengenalkan berbagai mode penghematan daya, namun tetap saja hal itu belum cukup memuaskan.

Akhirnya para produsen gadget tersebut pun menyiasatinya dengan menambah kapasitas baterai yang secara otomatis dapat menambah siklus hidup si baterai. Namun dilain sisi, penambahan kapasitas baterai ini menambah waktu charge lebih lama.

Dilansir dari GizmoChina, untuk mengatasi waktu charge yang lama tersebut kini ada teknologi quick charge,  Oppo dan Qualcomm menjadi yang gencar mempromosikannya. Dan yang terbaru, kini pabrikan pembuat chip, Mediatek juga merilis teknologi baru untuk pengisian baterai yang lebih cepat.

Mediatek memperkenalkan teknologi yang mereka namai Pump Express Plus fast charge technology. Teknologi ini mendukung beberapa chip keluaran mereka sendiri yaitu MT6595, MT6732, serta model chip versi terbaru.

Menurut Mediatek, teknologi Pump Express Plus fast charge technology ini dapat digunakan untuk 3 mode pengisian baterai, yaitu:

Normal mode: 5V – 1.67A (power of 8.35 watts)

Turbo 1: 7V – 1.67A (power of 11.69 watts)

Turbo 2: 9V – 1.67A (power of 15.03 watts)

Dengan charger Mediatek ini, proses pengisian baterai diklaim akan lebih cepat 45% dibandingkan dengan charger biasa. Untuk saat ini, hanya ponsel buatan China yaitu Koobee Halo 3 saja yang kompatibel dengan charger Mediatek.