Mari Mengintip Astronot yang Sedang Kencing di Luar Angkasa

Gravitasi merupakan gaya tarik menarik antar partikel yang mempunyai massa di alam semesta. Gravitasi membuat setiap benda yang memiliki massa selalu jatuh ke bawah. Berbeda dengan luar angkasa yang tidak mempunyai gaya gravitasi sama sekali. Jika tidak ada gravitasi, lalu bagaimana cara astronot buang air kecil? Apakah air kencingnya tidak melayang ke mana-mana?

Nah, untuk menjawab rasa penasaran Anda, European Space Agency atau ESA menggunggah sebuah video yang menunjukkan cara astronot buang air kecil dan air besar. Video yang dipandu oleh astronot bernama Samantha Cristoforetti dari Italia ini menjelaskan semua kegiatan tersembunyi ketika buang air, seperti disadur dari TheRegister.

Menurut Samantha, semua astronot juga buang air kecil sama seperti orang yang ada di bumi. Namun, kotoran yang dihasilkan astronot didaur ulang kembali agar lebih bermanfaat. Astronot yang buang air besar, kotorannya akan disimpan di tempat khusus kemudian dibakar. Sedangkan untuk air kencing, astronot menciptakan alat yang mampu mengolahnya untuk dijadikan cadangan air minum selama di luar angkasa.

Dalam benak Anda, mungkin astronot kalau kencing selalu berceceran airnya karena tidak ada gravitasi, namun ternyata mereka menggunakan alat khusus untuk mengolah zat sisa tubuh menjadi sesuatu yang berguna. Jika di bumi disediakan alat untuk mendaur ulang air kencing menjadi air minum, apakah Anda bersedia meminumnya?

https://youtu.be/fa3nuXxM8yk

DON'T MISS

Tulis Komentar