Home » Sains » Konsumsi Kacang Dapat Mengurangi Angka Kematian

Konsumsi Kacang Dapat Mengurangi Angka Kematian

Jika Anda ingin menurunkan risiko kematian akibat serangan jantung, mungkin cara berikut ini dapat Anda pertimbangkan. Yaitu dengan konsumsi kacang setiap harinya. Para peneliti di Vanderbilt University dan Shanghai Cancer Institute melakukan penelitian tentang hubungan konsumsi kacang dengan angka kematian.

Penelitian ini dilakukan terhadap masyarakat berpenghasilan rendah dan populasi ras yang beragam. Mereka menemukan bahwa masyarakat yang sering konsumsi kacang memiliki tingkat kematian yang lebih sedikit daripada masyarakat yang jarang konsumsi kacang, terutama angka kematian yang disebabkan penyakit jantung.

Menurut direktur asosiasi Global Health at the Vanderbilt-Ingram Cancer Center, yang juga seorang profesor kedokteran di jurusan epidemiologi, Xiao-Ou Shu, M.D., Ph.D. Beliau mengatakan bahwa “kacang-kacangan kaya akan nutrisi, seperti asam lemak tak jenuh, serat, vitamin, antioksidan fenolik, arginin dan phytochemical lainnya. Semuanya diketahui bermanfaat untuk kesehatan jantung, mungkin melalui anti-oksidatif, fungsi anti-inflamasi dan endotel mereka bersifat pemeliharaan”.

Sedangkan penelitian sebelumnya terkait konsumsi kacang dengan kematian yang lebih rendah. Penelitian tersebut difokuskan pada masyarakat dengan pendapatan yang lebih tinggi, yaitu populasi masyarakat kulit putih.

Penelitian ini adalah yang pertama kali untuk menemukan bahwa semua ras kulit hitam, kulit putih, dan Asia adalah sama. Mereka berpotensi meningkatkan kesehatan jantung dengan konsumsi kacang dan jenis kacang-kacangan yang lain.

“Dalam penelitian yang telah dilakukan, kami menemukan bahwa total angka kematian semakin berkurang dengan konsumsi kacang. Begitu juga dengan angka kematian yang disebabkan penyakit kardiovaskular pada populasi yang didominasi masyarakat berpenghasilan rendah, kulit hitam dan kulit putih di AS. Serta laki-laki dan perempuan Cina yang tinggal di Shanghai,” kata Shu.

The American Heart Association merekomendasikan untuk makan empat porsi kacang tawar (kacang rebus, bukan kacang asin ataupun kacang goreng) dalam seminggu. Kacang itu kaya nutrisi juga tinggi kalori, jadi jangan mengkonsumsi kacang terlalu banyak jika Anda sedang berusaha keras untuk menurunkan berat badan Anda.

Sumber : sciencecodex