Home » Sains » Kompas pada Tikus Buta ini Menggantikan Fungsi Mata

Kompas pada Tikus Buta ini Menggantikan Fungsi Mata

kompas-pada-tikus-buta
kompas pada tikus buta (gambar : gizmag)

Sebuah percobaan dilakukan terhadap tikus buta. Hewan pengerat ini dipasangkan kompas di atas kepalanya. Kompas pada tikus buta ini dapat menggantikan fungsi mata pada mamalia pengerat ini. Percobaan sengaja dilakukan pada tikus yang secara alami mengalami kebutaan pada matanya. Jadi bukan tikus percobaan yang biasa kita lihat selama ini. Sejenis tikus putih yang sering membantu para ilmuwan dalam melakukan penelitian.

Percobaan kompas pada tikus buta dilakukan oleh para peneliti dari Universitas Tokyo, Jepang. Para peneliti ini menempelkan kompas gemagnetik pada kepala tikus. Kompas geomagnetik membantu tikus menavigasi arah mana yang akan ditempuh. Mereka membuat fungsi kompas pada tikus buta sama dengan penglihatan tikus normal.

Kompas geomagnetik sebenarnya adalah kompas yang biasa kita temukan pada smartphone. Kompas pada tikus buta ini digabungkan dengan sepasang tungsten microelectrodes. Ini digunakan untuk menstimulasi (merangsang) kortels visual otak pada tikus. Alat ini secara otomatis mampu mendeteksi posisi kepala tikus. Kemudian menghasilkan pulsa stimulasi listrik, yang menunjukkan ke mana tikus buta menghadap.

Perangkat magnet pada tikus buta bisa dikatakan cukup ringan. Dengan baterai yang dapat diisi ulang. Memungkinkan para peneliti untuk menyesuaikan intensitas stimulasi pada otak tikus. Kompas pada tikus buta ini memang tidak secara langsung menggantikan mata. Melainkan merangsang secara sensorik, sehingga dapat memulihkan allocentrik sense pada tikus buta.

Penelitian yang dilakukan pada tikus buta bukanlah tanpa maksud. Para peneliti percaya bahwa keberhasilan uji coba kompas pada tikus juga dapat diaplikasikan pada manusia. Menegaskan bahwa keberhasilan dari percobaan ini nantinya akan diterapkan kepada para penyandang tunanetra.

Sumber : gizmag

Have your say!

0 0

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>