Kerjasama Blackberry, Samsung, IBM Hasilkan Tablet Aman SecuTablet

Blackberry, Samsung, dan IBM menjalin kerjasama untuk membuat tablet yang aman. Pada forum CeBIT fair 2015 di Jerman, SecuTablet dikenalkan ke publik sebagai tablet yang memilik sistem keamanan anti sadap.

SecuTablet sebenarnya bukan tablet yang “baru”, namun modifikasi dari Samsung Galaxy Tab S 10.5. Blackberry menambahkan sebuah software keamanan buatan IBM dan kartu MicroSD khusus SecuSmart.

SecuSmart adalah perusahaan keamanan data yang diakuisi Blackberry pada 2014, dan kini telah dipercaya oleh pemerintah Jerman dan Kanada untuk menangani masalah keamanan datanya.

SecuTablet Samsung Galaxy Tab S 10.5
SecuTablet Samsung Galaxy Tab S 10.5

Blackberry tidak menargetkan tablet aman ini untuk publik, namun dibuat khusus untuk kalangan pemerintah dan perusahaan agar data dan komunikasi mereka aman dari serangan cyber. Meskipun ditujukan untuk kalangan enterprise, fitur sosial seperti Facebook, Youtube dan Twitter tetap dapat digunakan.

Dengan fitur keamanan data dan privasi yang diberikan, harga yang ditawarkan untuk SecuTablet cukup mahal, yaitu $2380 atau sekitar Rp 31 juta.

Sumber: Reuters

DON'T MISS