Home » Internet » Kejar Singapura, Menkominfo Janjikan Internet Indonesia Tercepat Kedua di ASEAN

Kejar Singapura, Menkominfo Janjikan Internet Indonesia Tercepat Kedua di ASEAN

Menurut Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, kecepatan internet di Indonesia saat ini menduduki posisi keempat tercepat di Asia Tenggara setelah Singapura, Malaysia dan Thailand. Untuk mengejar ketertinggalan, Rudiantara pun berjanji akan meningkatkan kecepatan koneksi di Indonesia menjadi nomor 2 tercepat di kawasan ASEAN.

Dengan pembangunan infrastruktur jaringan yang terus ditingkatkan, ditargetkan Indonesia bakal jadi negara dengan internet tercepat kedua di ASEAN pada tahun 2019 nanti. Ia juga menambahkan bahwa cara untuk mencapai hal itu adalah dengan membangun infrastruktur jaringan 4G di Indonesia.

Jaringan broadband 4G sendiri baru diresmikan Desember tahun lalu di Indonesia pada frekuensi 900 Mhz. Untuk tahun ini, Rudiantara akan terus meningkatkannya. Salah satunya adalah dengan mengembangkan frekuensi 1800 Mhz, namun masih menggunakan sistem clustering dan bertahap.

Salah satu kendala yang harus dihadapi saat membangun infrastruktur jaringan 4G pada frekuensi 1800 Mhz adalah terganggunya jaringan 2G yang saat ini masih banyak digunakan masyarakat. Gangguan itu akan dirasakan saat proses migrasi, namun hanya bersifat sementara. Terkait gangguan ini, Rudiantara menyampaikan permintaan maafnya saat menggelar media dan nitizen gathering di Sasanti Restaurant, Jalan Palagan Tentara Pelajar, Yogyakarta (22/3/2015), jika kedepannya masyarakat mengalami penurunan layanan.

Have your say!

0 0