Home » Sains » Kamera Tanpa Baterai ini Tidak Akan Pernah Mati

Kamera Tanpa Baterai ini Tidak Akan Pernah Mati

kamera-tanpa-baterai
kamera tanpa baterai (gambar : phys)

Sebuah penelitian dilakukan oleh seorang profesor komputer dari Universitas Columbia. Shree K. Nayar, T.C. Chang telah menciptakan sebuah kamera tanpa baterai. Kamera ini mampu mengisi daya dengan sendirinya. Dengan bantuan perangkat sensor cahaya. Perangkat ini mengumpulkan banyak cahaya di sekitarnya. Kemudian, dari cahaya yang telah terkumpul itu dikonversi menjadi energi listrik.

Disebutkan bahwa kamera tanpa baterai ini tidak akan pernah mati. Kamera akan terus menyala selama sensor cahaya dapat mengumpulkan cahaya di sekitarnya secara terus menerus. Kamera ini juga mampu menghasilkan gambar setiap detiknya, tanpa batasan waktu, dan dapat memotret dalam ruangan gelap.

Peneliti dari Columbia Engineering itu menggunakan sensor 30-40 pixel untuk merekam video. Mampu menghasilkan 1 frame video per detik. Untuk setiap pixel perangkat prototipe adalah sekitar 4 milimeter. Ini sekitar 1000 kali ukuran pixel sensor yang terdapat pada kamera digital. Tetapi, jika miniatur sirkuit prototipe baru ini terukir ke chip, maka akan menghemat energi. Jika kamera tanpa baterai ini berada di ruang dengan pencahayaan lampu yang cukup terang. Kamera ini dapat menangkap video hingga 640-480-pixel. Ini adalah ukuran standar yang dikenal sebagai Video Graphics Array (VGA) pada tingkat 30 frame per detik.

Profesor Nayar tidak sendirian dalam melakukan aksinya itu. Dia dibantu oleh beberapa ahli lain, seperti Daniel Sims BS’ 14 dan seorang konsultan dari ADSP Consulting, Mikhail Fridberg. Mereka masih akan melaporkan hasil dari penelitian kamera tanpa baterai ini pada tanggal 26 April. Tepatnya, pada Konferensi Internasional tentang komputasi fotografi di Houston, Texas, Amerika Serikat.

Sumber : R&D Magazine

Have your say!

0 0

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>