Tech News

iPhone SE Dikabarkan Bakal Diproduksi Penuh di India

Baru-baru ini muncul laporan bahwa Apple sedang mengerjakan iPhone SE 2 yang merupakan iPhone paling terjangkau sepanjang sejarah. Meskipun belum ada bukti konkrit yang memperkuat rumor ini, namun banyak orang dan analis percaya kabar itu bukan isapan jempol. Bahkan dalam laporan terbaru dikatakan bahwa iPhone SE 2 terbaru disebut akan diproduksi secara eksklusif di India.

Sebuah laporan baru mengklaim bahwa iPhone SE baru akan dibuat dan dirakit secara eksklusif di India. Bukan tidak mungkin ini terjadi karena Apple sendiri sudah smulai memproduksi iPhone di India sejak tahun lalu, namun, hanya persentase tertentu dari semua unit SE iPhone yang diproduksi di sana. Sebagian besar manufaktur masih dilakukan di Cina.

Salah satu alasan Apple memproduksi iPhone SE di India karena adanya kebijakan tarif impor yang diberlakukan oleh pemerintah India. Dengan memproduksi iPhone SE di dalam negeri, Apple bisa menekan biaya import dan bisa menawarkan perangkat dalam harga yang lebih terjangkau guna bersaing dengan brand lokal lainnya.

Tetapi, hanya karena hal itu mungkin dilakukan, bukan berarti Apple akan memproduksi seluruh kuota di India. Kemungkinan itu ada, tapi bukan sebuah kepastian. Pasalnya, iPhone SE juga dipasarkan ke negara lain, sedangkan jika dihitung, ongkos produksi di Cina masih jauh lebih efisien ketimbang India. Itu yang menjadi latar belakang mengapa hampir semua unit iPhone dirakit di sana.