Hardware
Now Reading
Intel Akan Segera Ganti Silikon untuk Prosesor Masa Depan
0

Intel Akan Segera Ganti Silikon untuk Prosesor Masa Depan

by Agus Setiawan25 Februari 2015

Kabar terbaru dari dunia prosesor dari Intel. Dikabarkan Intel akan segera mengganti bahan utama pembuat prosesor yaitu monocrystalline silicon atau lebih familiar dengan nama silikon.

Teknologi prosesor Intel dikenal hemat energi dan performa yang baik. Tak heran jika Intel selalu menjadi pilihan utama para vendor smartphone, tablet, maupun komputer di seluruh dunia.

Di tahun 2016 nanti, Intel berencana akan mengecilkan prosesor berukuran 10nm. Meskipun masih menggunakan material silikon, namun Intel menganggap material tersebut sudah kurang efektif lagi dikembangkan lebih jauh lagi, seperti yang disadur dari Ars Technica, (25/2/2015).

Kedepannya, Intel akan menggunakan indium gallium arsenide (InGaAs).Elemen ini saat ini hanya digunakan pada laser dan sel surya saja.

InGaAs diketahui memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan elemen silikon. Salah satunya adalah pergerakan elektron yang lebih tinggi, itu artinya transistor prosesor bisa dibuat lebih kecil lagi dari sebelumnya.

Dalam International Solid-State Circuits Conference (ISSCC) 2015, Intel mengumumkan penggunaan bahan baru pengganti silikon ini. Dalam acara yang dihadiri para elit industri chip itu, Intel siap menjawab tantangan untuk membuat prosesor yang lebih kecil lagi dari pada sebelumnya.

Sumber: Ars Technica

What's your reaction?
Love It
0%
Interested
0%
Meh...
0%
What?
0%
Hate It
0%
Sad
0%
About The Author
Agus Setiawan
It has become appallingly obvious that our technology has exceeded our humanity - Albert Einstein

Leave a Response