Pada tanggal 4 April kemarin mesin bor untuk terowongan terbesar di dunia telah keluar ke permukaan setelah hampir empat tahun berada di bawah tanah. Mesin bor ini mereka namai Bertha sang penggali raksasa yang memiliki tugas dalam membuat terowongan besar yang mana di dalamnya memuat 4 jalur lalulintas. Wow menakjubkan bukan?

Terowongan ini dibuat tepat di bawah jantung kota Seattle, Amerika Serikat. Kerennya lagi Bertha telah melakukan perjalanan sejauh 1,7 mil (2,7 km) di bawah gedung pencakar langit kota Seattle. Kalau dipikir-pikir memang sangat miris sih mengingat di atasnya adalah jantung kota yang sangat padat penduduk.

Tahukah kalian kalau awal perjalanan mesin bor ini bukan dari Seattle? Perjalanan Bertha dimulai di Nisqually, Washington, sekitar 60 mil (100 km) selatan Seattle pada tanggal 28 Februari 2001.

Sempat menghebohkan kota kala itu, mesin bor ini sempat menimbulkan gempa tremor berkekuatan 6,8 richter yang mengakibatkan 400 orang terluka dan 1 orang meninggal. Kejadian ini memang sangat mengguncang AS kala itu, namun karena neoisasi politik yang cakap akhirnya proyek ini terus berjalan hingga sekarang.

Oke, sekarang kita kembali ke mesin penggali raksasa ini. Bertha merupakan bor raksasa yang di buat oleh Hitachi Zosen Sakai Works di Osaka, Jepang. Mesin ini memiliki diameter 57 kaki (17,4 m), sedangkan beratnya mencapai 6.559 ton. Mesin ini serba otomatis dan hanya membutuhkan 25 orang saja untuk mengerjakannya secara keseluruhan dalam satu waktu.

Bagi sobat yang penasaran dapat langsung simak penampakannya lewat video di bawah ini.