Sains

Seaformatics Waterlily, Turbin Portable Dari Tenaga Air Dan Angin

Tahukah kalian kalau belakangan ini baterai mendapat perhatian khusus di bidang saintek. Beberapa upaya inovasi terus dikembangkan untuk meningkatkan masa pakai dan ketahanan baterai agar lebih efisien dan efektif.

Dengan menyadari betapa pentingnya baterai maka dalam kurun waktu sepuluh tahun belakangan diciptakanlah storage baterai yang dapat dibawa kemana-man dan sering kita sebut dengan istilah powebank.

Nah kali ini Jatimtech akan membagikan sedikit informasi terkait dengan penemuan unik layaknya powerbank dan pembangkit listrik mini. Seaformatics Waterlily namanya, alat ini dapat dikatakan sebagai turbin portabel yang bisa memanfaatkan kekuatan angin dan air untuk menghasilkan kekuatan listrik.

Waterlily dirancang agar lebih portabel dengan berat 800 gram (1,8 lb) dan ketebalan 180 mm (7 inchi), serta ketebalan 75 mm (3 inchi). Turbin kecil ini dapat ditempatkan di sungai atau tempat berangin agar bisa berputar. Sedangkan untuk outputnya sobat bisa menggunakan sambungan USB untuk mendapatkan listriknya.

Memang sih sekarang ini alat ini masih belum bisa menghasilkan output listrik yang besar (hanya 25 watt), namun dengan ditemukannya alat ini kemungkinan kedepannya akan ada inovasi serupa dalam memanfaatkan sistem kerja turbin keren yang satu ini.

Waterlily direncanakan akan rilis di pasar pada bulan Agustus tahun ini dengan harga US$ 149 atau setara Rp 1,9 Juta. Bagi sobat yang penasaran dengan cara kerja alat ini dapat langsung simak videonya di bawah ini.