Home » Internet » Mesin Pencari » Google Segera Tampilkan “Tombol Buy” di Pencarian Mobile

Google Segera Tampilkan “Tombol Buy” di Pencarian Mobile

Google akan Segera Tampilkan Tombol Buy di Pencarian Mobile
Ilustrasi (Gambar: elevatoragency.com)

Sebagai mesin pencari terbesar di dunia, Google terus melakukan perombakan pada hasil pencariannya. Kabar terbaru menyebutkan Google akan segera menambahkan tombol “buy” atau beli pada hasil pencarian mobile.

Hasil pencarian di perangkat mobile memang mendapat perhatian khusus dari Google beberapa bulan terakhir. Situs-situs yang tidak ingin terdepak dari hasil pencarian mobile disarankan untuk memiliki tampilan responsive. Tidak sampai disitu, Google juga mengoptimalkan tampilan hasil pencarian mobile untuk negara-negara dengan kecepatan internet yang lambat, Indonesia menjadi yang pertama. (Baca: Optimasi Mobile Search Result Google di Indonesia).

Dilansir dari Engadget, Google akan segera menambahkan tombol buy di hasil pencarian mobilenya untuk dua perusahaan online shopping Amazon dan Ebay. Para Googlers akan melihat tombol buy dibawah sponsored results “Shop on Google”.

Ketika tombol buy tersebut diklik, beberapa produk yang terkait akan termuat, sekaligus menampilkan pilihan ukuran, warna, dan tentu saja metode pembayaran yang digunakan.

Google tidak serta-merta menampilkan tombol buy di hasil pencarian mobilenya nanti, namun hanya toko online yang mengiklankan produknya saja di Google. Jadi untuk toko online yang tidak bekerjasama dengan Google, jangan harap bisa menampilkan tombol buy di halaman Google.

Langkah Google menampilkan tombol buy ini mengundang kontra dari para toko online yang lain, mereka khawatir interaksi dengan pelanggannya nanti akan berkurang. Bagaimana tidak, toko online yang bekerjasama dengan layanan Google ini nantinya bisa menambahkan layanan subscribe atau langganan bagi para pembelinya untuk mendapatkan info email, nama, alamat dan informasi yang lain dari sang pembeli.

Lalu kenapa Google hanya manampilkan tombol buy di hasil pencarian mobile? Google berpendapat sekarang orang-orang lebih memilih mencari melalui smartphone mereka ketimbang komputer.

Pihak Google masih belum memberikan keterangan resmi kapan tombol buy ini diluncurkan. Namun dari keterangan dari WSJ, Google akan segera menampilkan tombol buy di hasil pencarian mobile dalam beberapa minggu kedepan.

Written by
Murdianto adalah lulusan sarjana Informatika. Memiliki ketertarikan di bidang software aplikasi mobile maupun desktop.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>