Home » Software » Google Play Versus App Store, Siapakah Pemenangnya?

Google Play Versus App Store, Siapakah Pemenangnya?

Ketika dua penyedia layanan aplikasi terbesar di dunia antara Apple App Store dan Google Play bersaing, siapakah yang akan menjadi juaranya?

Google Play lebih mendominasi dari App Store dalam kegiatan download aplikasi. Berbeda halnya dengan App Store yang lebih mendominasi atas Google Play dalam pendapatan, bahkan lebih dari 60% dibandingkan pendapatan milik Google Play.

Seperti yang dikutip dari VentureBeat (17/07/2013), Apple hanya memiliki 18% dari semua aplikasi di dunia tetapi memiliki pendapatan hampir lima kali lipat lebih besar dari Google. Apple memiliki pendapatan sekitar Rp 64 miliar perhari, sedangkan Google memiliki 75% dari semua download aplikasi, tetapi hanya berpendapatan Rp 13,8 miliar perhari.

Berdasarkan analisis dari App Annie, keduanya mengalami peningkatan tahun lalu. Pendapatan App Store berkembang lebih dari 10 miliar dolar atau sekitar Rp 12,5 triliun secara keseluruhan. Mayoritas pendapatan Apple berasal dari negara Amerika Serikat, Jepang, dan Korea Selatan. Data tersebut didapat dari analisis App Annie dengan informasi lebih dari 700.000 aplikasi.