Home » Software » Google Luncurkan Eddystone Sebagai Beacon Tandingan iBeacon Apple

Google Luncurkan Eddystone Sebagai Beacon Tandingan iBeacon Apple

eddystone
Eddystone (Gambar : Kontakt)

Jatimtech.com – Google baru saja mengumumkan peluncuran Eddystone sebagai teknologi beacon terbaru mereka. Teknologi beacon Eddystone Google ini diyakini sebagai tandingan iBeacon Apple, seperti dilansir dari Google Developers (14/7/2015). Teknologi beacon terbaru Google ini sangat membantu pengguna smartphone untuk membuat smartphone “lebih pintar”. Teknologi beacon yang berbasis bluetooth ini membuat smartphone dapat berkomunikasi dengan perangkat lain yang ada di dekatnya.

Sebelumnya memang telah ada iBeacon yang merupakan beacon milik Apple. iBeacon tersebut diluncurkan secara resmi oleh Apple pada tahun 2013 silam. Namun sangat disayangkan, iBeacon hanya dapat berfungsi untuk perangkat yang menggunakan iOS. Secara otomatis perangkat yang menggunakan OS lain seperti Android tersingkirkan. Oleh karena itulah Google meluncurkan teknologi beacon sendiri, yaitu Eddystone.

Untuk memuluskan langkahnya itu, Google meluncurkan dua API baru untuk Eddystone. Yang pertama adalah The Nearby API untuk aplikasi yang menggunakan iOS dan Android. The Nearby API ini memudahkan perangkat satu dan lainnya untuk berkomunikasi satu sama lain. Sedangkan yang kedua adalah Proximity Beacon API, yang memungkinkan pengembang untuk mengasosiasikan lokasi semantik (lattitude/longitude) serta data terkait yang tersimpan di cloud.

“Kita berangkat untuk membangun kelas baru dari beacon untuk dapat digunakan dalam kehidupan nyata, dukungan cross-platform, dan keamanan”, kata Google dalam sebuah blog. Perlu Anda ketahui bahwa Eddystone dulu bernama Eddy Lighthouse di Inggris.

Written by
Songwriter yang merangkap sebagai content writer. Baru menjajaki dunia blogging. Merupakan pribadi yang memiliki "a sense of humor" yang cukup baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>