Home » Tech News » Dosen Asal Indonesia Memimpin Pertunjukan Gamelan di Amerika

Dosen Asal Indonesia Memimpin Pertunjukan Gamelan di Amerika

dosen-asal-indonesia-memimpin-pertunjukan-gamelan-di-amerika
dosen asal Indonesia memimpin pertunjukan gamelan di Amerika (gambar : artsatl)

Pada Minggu malam kemarin, Emory University menampilkan pertunjukan gamelan. Acara kesenian tradisional ini ditampilkan di Emory Performing Art Studio, Amerika. Uniknya, pertunjukan gamelan di Universitas Emory dipimpin oleh dua orang dosen asal Indonesia. Walaupun demikian, para pemain ansambel gamelan tetap didominasi oleh warga amerika asli dan 2 mahasiswa dari Emory.

Gedung pertunjukan seni yang digunakan pada malam itu awalnya adalah sebuah gereja kudus. Gereja kudus tersebut kemudian berubah fungsi menjadi gedung perkuliahan. Sementara bagian gereja yang lain dijadikan sebagai gedung pertunjukan. Dengan kapasitas 260 kursi penonton.

Pertunjukan gamelan ini sebenarnya untuk mengiringi pertunjukan wayang kulit. Yang membanggakan adalah dalang dari pertunjukan wayang kulit ini. Beliau adalah seorang dosen asal Indonesia, Midiyanto.

Midiyanto sendiri adalah seorang dosen di University of California, Berkeley. Beliau telah mengajar gamelan Jawa dan wayang kulit selama 30 tahun. Sedangkan Emory Gamelan sendiri adalah bentukan dari dosen asal Indonesia itu. Midiyanto membentuk Emory gamelan sejak 18 tahun yang lalu.

Pertunjukan wayang kulit dan gamelan di Emory berlangsung selama 70 menit tanpa henti. Dengan lakon Hanoman The Messenger. Walaupun durasi acara yang tidak selama pertunjukan wayang dan gamelan di Indonesia. Namun pertunjukan tradisional Indonesia ini mendapatkan apresiasi dan antusias dari para penonton. Yang notabene adalah mahasiswa Emory.

Untuk ansambel gamelan dipimpin oleh Made Lasmawan. Beliau juga merupakan dosen asal Indonesia yang berasal dari Bali. Made Lasmawan adalah seorang artisitic director untuk gamelan Bali di Universitas Colorado. Beliau ini adalah orang yang memainkan kendang pada ansambel gamelan. Di Amerika, Lasmawan mengajarkan musik tradisional Bali dan Jawa.

Sekedar informasi, kedua dosen asal Indonesia tersebut telah mendirikan ansambel gamelan di seluruh Amerika bagian utara. Midiyanto dan Lesmawan telah bertahun-tahun memperkenalkan gamelan di negeri Paman Sam itu.

Sumber : artsatl

Have your say!

0 0

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>