Home » Tech News » Dituding Curi Data Pengguna, UC Browser Ditendang dari Play Store

Dituding Curi Data Pengguna, UC Browser Ditendang dari Play Store

Beberapa minggu yang lalu, UC Browser mengklaim telah mencapai rekor baru dengan angka unduhan sebesar 500 juta di Google Play Store. Tapi, entah apa yang terjasi, secara mengejutkan aplikasi itu raib dari Play Store. Namun, perlu dicatat bahwa aplikasi UC Browser mini dan UC News masih tersedia.

Setelah heboh di dunia maya, UCWeb kemudian memberikan tanggapan. Bahwa Google menghapus aplikasi karena beberapa masalah keamanan data. Kemudian pada hari Rabu, UCWeb mengirimkan sebuah email yang menyoroti apa yang sebenarnya terjadi dan juga meminta alasan atas penghapusan secara tiba-tiba tersebut.

Pernyataan email tersebut mengatakan, “Kami diberitahu oleh Google Play tentang penghapusan sementara UC Browser dari Play Store selama 7 hari, mulai 13 Nov 2017, dengan alasan bahwa pengaturan Browser UC tidak sesuai dengan kebijakan Google. Namun UCWeb memastikan pihaknya telah melakukan perbaikan dan mengirim ulang aplikasi ke dalam Play Store.

UC Browser sebelumnya disebut bermasalah dengan keamanan, di mana aplikasi mereka dituding mengirim data pengguna ke server di Tiongkok – dan bahkan tetap mengirimkan data seseorang yang sudah menghapus aplikasi dari ponsel mereka.

Sampai hari yang dijanjikan tiba, pengguna yang kehilangan UC Web bisa mencoba UC Browser Mini untuk pengalaman yang lebih ringkas, tapi tetap dengan interface yang sama persis.