Situs Tips & Berita Teknologi

China Saingi NASA Dengan Membuat Stasiun Luar Angkasa Sendiri

0

Tahukah kalian kalau beberapa hari lalu China telah meluncurkan pesawat luar angkasa yang mana diluncurkan dari Peluncuran Satelit Wenchang di Pulau Hainan. Pesawat ini mereka namai dengan sebutan Tianzhou-1 Cargo, yang pada akhirnya tanggal 22 April kemarin telah mengkonfirmasi kedatangannya di stasiun luar angkasa Tiangong-2.

Kita ketahui sendiri China memang merupakan negara yang ambisius, yang mana peluncuran pesawat kargo ini mengawali pembangunan stasiun antariksa sendiri pada tahun 2022.

Hal ini memang rencanan resmi Presiden Xi Jinping yang ingin memprioritaskan kemajuan program luar angkasa China sebagai bagian dari rencana keamanan nasional.

Peswat Tianzhou-1 Cargo ini telah membuat sambungan otomatis pada pukul 12:16 pagi EDT pada tanggal 22 April kemarin. Pesawat ini mengkonfirmasi kedatangannya sekitar 240 mil di atas Bumi setelah 2 hari perjalanan dari Peluncuran Satelit Wenchang di Pulau Hainan.

Secara spesifik Peswat Tianzhou-1 Cargo merupakan pesawat tak berawak yang memiliki berat 28.700 pound, panjang 34,8 kaki, serta menawarkan kapasitas muatan sekitar 14.330 pound. Tak hanya itu, pesawat ini juga mempunyai kapasitas bahan bakar sebesar 2 ton yang mana ini artinya pesawat dapat terbang tanpa henti selama tiga bulan. Menakjubkan bukan?

Sekedar informasi, langkah China membuat stasiun luar angkasa sendiri ini kemungkinan akibat dari dikeluarkan China dari Stasiun Luar Angkasa Internasional pada tahun 2011 silam. Hal ini ditenggarai adanya undang-undang A.S., di mana pejabat A.S. dilaporkan melarang NASA untuk bekerja dengan negara adidaya Asia karena menyangkut masalah keamanan nasional. Dan ini akan terus berlanjut hingga diputuskannya kerja sama NASA dengan China secara total pada tahun 2024 nanti.

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published.