Home » Tips & Trik » Cara Mengatasi Launcher yang Berhenti di Hp Android

Cara Mengatasi Launcher yang Berhenti di Hp Android

Fungsi launcher pada smartphone Android adalah untuk memaksimalkan semua aktivitas multitasking yang berjalan. Jika launcher terganggu, aktivitas multitasking pun bisa terganggu, bahkan sebagian perangkat bisa saja berhenti sama sekali dan tidak bisa digunakan. Untuk itu, masalah ini harus diselesaikan dengan beberapa cara berikut ini.

1. Restart Smartphone

Mengatasi launcher yang berhenti di Hp android yang paling mudah yang bisa Anda lakukan adalah dengan merestart smartphone Anda. Dengan merestart smartphone, Masalah launcher bisa hilang dan ponsel smartphone Anda pasti bisa normal kembali. Jika cara ini tidak berhasil, lakukan metode selanjutnya.

2. Hentikan Aplikasi

Anda bisa menghapus atau menghentikan aplikasi Launcher. Dengan cara ini, semua data pengaturan, file chache, basis data, history, serta bookmark bisa hilang. Tampilan android akan kembali normal seperti baru.

Cara Mengatasi RAM Android yang Cepat Penuh

3. Kurangi Menggunakan Aplikasi yang berlebihan

Supaya launcher tetap normal, kurang menggunakan banyak aplikasi. Aplikasi yang berjalan di latar belakang bisa membuat RAM penuh. Anda tidak akan menyadarinya. Oleh karena itu, sebaiknya jangan terlalu banyak memasang aplikasi yang tidak digunakan.

4. Factory Reset

Cara Mengatasi Layar Smartphone yang Jalan-Jalan Sendiri

Untuk memaksimalkan launcher agar kembali normal, silahkan melakukan factory reset supaya ponsel kembali normal, Factory reset ini juga bisa membuat software yang bermasalah jadi normal kembali. Akan tetapi, cara ini bisa membuat sebagian data di smartphone bisa hilang.