Home » Tips & Trik » Cara Mencegah Pencuri Mengambil Ponsel Milik Anda

Cara Mencegah Pencuri Mengambil Ponsel Milik Anda

Ponsel Hilang
Ponsel Hilang

JATIMTECH.com – Manusia memang tidak bisa terlepas dari sifat lalai yang dimilikinya dalam menjaga suatu barang-barang yang cukup berharga. Wajar jika banyak orang yang memanfaatkan kelalaian seseorang dengan cara mencuri barang-barang berharga milik Anda tersebut. Terlebih, jika barang milik Anda memiliki harga yang cukup mahal.

Ponsel yang semakin canggih juga sebanding dengan harga yang ada. Sementara itu, benda seukuran genggaman tangan tersebut juga memiliki resiko tinggi untuk dicuri oleh orang yang tak bertanggung jawab.

Berikut ini beberapa cara guna mencegah pencuri untuk mengambil ponsel milik Anda, yang telah berhasil dikutip dari laman Irish Times.

1. Jangan pernah letakkan ponsel tanpa pengawasan
Saran yang pertama ini memang sangat umum, dan seringkali Anda dengar. Akan tetapi, saran tersebut biasanya memiliki alasan karena benda yang tanpa pengawasan kita menjadi sangat mudah untuk dicuri oleh orang lain. Hindari melakukan kebiasaan meninggalkan ponsel milik Anda di manapun Anda berada, bahkan di ruang umum atau ruang publik yang cukup rawan.

Juga, jangan pernah tinggalkan ponsel Anda di dalam kendaraan yang mudah terlihat. Usahakan untuk tak meninggalkan ponsel jika sedang dalam kendaraan umum.

Saat tengah menunggu di tempat umum, usahakan juga untuk tidak menggunakan ponsel Anda di tempat yang memungkinkan pencuri untuk menjalankan aksi jahatnya dan kabur dengan sangat mudah.

2. Ketahui nomor IMEI ponsel Anda
Sekitar 2 dari 3 orang yang melaporkan ponselnya hilang, tak mengetahui nomor identifikasi unik yang ada di dalam ponsel, atau nomor unik biasanya dinamakan dengan IMEI.

Bagi pengguna Android, nomor IMEI ada di bagian belakang baterai ponsel, sementara di iPhone itu sendiri tertera di tutup belakang ponsel itu. Atau, untuk lebih mudahnya Anda juga bisa menekan tombol *#06# bagi sebagian ponsel. Catat dan simpan nomor IMEI tersebut guna berjaga-jaga apabila ada masalah.

3. Simpanlah data cadangan milik Anda pada penyimpanan data online
Di dalam ponsel Anda, tentu banyak terdapat data yang sungguh penting, seperti nomor telefon, foto milik Anda, video atau bahkan dokumen atau catatan penting.

Milikilah cadangan untuk setiap hal yang dirasa cukup penting dengan cara menyimpannya secara online menggunakan aplikasi seperti contohnya Google Drive. Dengan begitu, apabila ponsel dicuri, maka data-data di dalamnya, masih bisa dibuka kembali oleh Anda dengan mudah.

4. Download aplikasi pelacak ponsel
Banyak tersedia ratusan jenis aplikasi yang menawarkan fasilitas dalam melacak ponsel. Penggunaannya yang cukup mudah hanya dengan mengaktifkan GPS serta masuk ke dalam akun yang digunakan pada ponsel, maka Anda bisa dengan mudah untuk memanfaatkan aplikasi itu guna melacak ponsel jika ponsel tersebut telah dicuri.

Namun, biasanya aplikasi ini memiliki banyak kekurangan, yakni aplikasi ini bisa berhenti melakukan suatu pelacakan apabila ponsel tersebut dimatikan. Jadi, usahakan untuk menggunakan fitur ini saat Anda memang telah menyadari di mana terakhir Anda meletakkan ponsel milik Anda.

Have your say!

0 0