Home » Tips & Trik » Cara Gampang agar Password (Kata Sandi) Tidak Mudah Dibobol

Cara Gampang agar Password (Kata Sandi) Tidak Mudah Dibobol

Password
Password

JATIMTECH.com – Password atau kata sandi (dalam bahasa Indonesia) merupakan salah satu hal penting yang diyakini sebagai benteng dari setiap data milik pengguna agar seseorang tersebut tidak mudah untuk dimasuki oleh orang lain yang bukan haknya. Akan tetapi, hal yang cukup disayangkan, apabila password yang digunakan menjadi sangat mudah diketahui oleh para peretas, sehingga mudah bagi peretas untuk mencuri data informasi penting milik korban.

Territory Channel Manager Kaspersky Lab Indonesia, Dony Koesmandarin mengungkapkan jika rata-rata orang banyak menggunakan password yang mudah untuk diingat, misal seperti tanggal lahir, nama keluarga, bahkan benda kesayangan milik mereka.

“Bahkan, password sering disamakan dengan akun yang lain, entah itu email, media sosial, hingga akun lain. Hal tersebut salah karena mudah disusupi oleh para peretas. Bahkan, pelaku peretas nantinya akan dengan mudah untuk mencuri data milik korban hanya dengan bersosialisasi dengannya.” ungkap Dony Koesmandarin.

Maksud dari bersosialisasi ini merupakan seperti halnya melakukan interaksi biasa terhadap para korban. Tanpa disadari, pelaku menanyakan hal-hal pribadi bagi korban, seperti tentang tanggal lahir, keluarga, bahkan hingga pendidikan, semua diketahui dari obrolan yang berlangsung secara tatap muka.

“Jika informasi tersebut telah berhasil diperoleh, para pelaku langsung untuk mencoba masuk menyusup ke dalam akun milik korban, karena mereka menggunakan password yang sangat mudah untuk ditebak.” ujar Doni.

Untuk menghindari kejadian kasus yang sama, Dony memberikan 4 macam tips yang cukup mudah yang bisa dilakukan oleh para pengguna untuk memproteksi data-data yang penting dengan kekuatan password yang tidak mudah untuk diretas oleh para hacker yang nakal.

Pertama, biasakan untuk menggunakan password yang lebih dari 8 huruf atau 8 karakter. Dengan jumlah karakter minimal 8 ini, maka akan mempersulit peretas dalam mencuri informasi pribadi milik para korban.

Kedua, kombinasikan karakter password dengan misal mencampur huruf serta angka.

Ketiga, gunakanlah password manager.

Keempat, Dony memberikan saran agar orang-orang mencoba menghindari password yang sama dengan akun lainnya. Meskipun hal tersebut merepotkan pengguna untuk mengingat password di berbagai macam akun miliknya, akan tetapi, hal ini malah menjadi hal yang cukup bagus diterapkan.

Have your say!

0 0