Bunga Ajaib Ini Bisa Berubah Warna Jika Dituangkan Bir

Melihat bunga adalah hal yang menyenangkan, apalagi jika bersama pasangan. Sudah merupakan hal konvensional jika bunga adalah simbol keindahan alam. Dengan jenis dan bentuk bermacam-macam, juga warnanya yang mampu memikat setiap mata memandang. Bagaimana jika warna bunga dimanipulasi dengan bir, akankah menjadi bunga ajaib yang bisa berubah warna seperti bunglon.

Ini benar-benar terjadi, sebuah perusahaan bioteknologi tanaman Revolution Biotechnology (RevBio) telah membuktikannya. Mereka melakukan sejumlah penelitian tentang bunga, dengan sedikit bir yang dituangkan pada bunga, warna bunga berubah.

Mungkin beberapa dari Anda pernah mendengar bahkan mempraktekkan sendiri manipulasi warna bunga. Dengan pewarna makanan yang dituangkan pada sebuah gelas bening, lalu bunga diletakkan di dalamnya. Hasilnya, warna bunga berubah sesuai warna dari zat pewarna makanan. Tetapi, RevBio melakukan hal yang lebih unik dari proses di atas.

bunga-petunia-putih
bunga petunia putih sebelum dituangkan bir (gambar : gizmag)

Sederhananya, setiap bunga berwarna cerah pasti dapat menghasilkan molekul kecil yang disebut anthocyanin. Molekul anthocyanin mampu merubah warna bunga menjadi beberapa warna. Hal ini tidak berlaku pada bunga berwarna putih, yang seringkali enzim pada bunga ini tidak berfungsi untuk dapat menghasilakan molekul anthocyanin.

Fakta tersebut terbantahkan oleh RevBio yang mampu merubah bunga berwarna putih bisa merubah warna. Penelitian telah dilakukan terhadap bunga petunia, yang mampu menghasilkan molekul kecil tersebut.

Ketika bunga disiram dengan etanol encer, seperti bir. Dalam waktu 24 jam, bunga berubah menjadi merah. Untuk membalikkan warnanya, bunga ajaib tersebut tinggal disiram dengan air putih. Hasilnya, bunga ajaib langsung berubah menjadi putih tanpa harus menunggu 24 jam lagi.

Jika Anda tertarik untuk mencoba trik di atas, Anda bisa melakukannya sendiri di rumah. Karena untuk saat ini, bunga ajaib tersebut belum bisa dipasarkan secara luas.

Sumber : gizmag

DON'T MISS