Home » Sains » Beginilah Cara Kerja Otak Membentuk Perilaku Kita!

Beginilah Cara Kerja Otak Membentuk Perilaku Kita!

persepsi otak(Gambar:Sciencedaily.com)
persepsi otak(Gambar:Sciencedaily.com)

JATIMTECH.com – Pernahkah sobat mengalami apa yang dilihat tidak selalu sama dengan apa yang sobat dapatkan. Para peneliti di The Rockefeller University telah melakukan sebuah penelitian bahwa setiap kali kalian memindahkan mata maka seluruh dunia bergerak pada retina kata Gaby Maimon, kepala Laboratorium Fungsi Otak Integratif. Namun sejauh itu, kalian tidak akan merasakan pusing seperti ada gempa saat perpindahan.

Itu karena otak dapat memberitahu jika gerakan visual yang mana dihasilkan oleh diri kita sendiri dapat membatalkan informasi yang mana tidak dapat membuat kita merasa dan bertindak seolah-olah dunia ini berputar-putar di sekitar kita. Ini memang sangat sulit untuk mengeneralkan dengan kata yang sederhana. Maimon dan timnya melakukan uji cobanya dengan lalat buah saat memecahkan kode. Hasilnya dipublikasikan dalam jurnal Cell pada 5 Januari 2017 yang mana memberikan wawasan segar bagaimana otak memproses informasi visual untuk mengontrol perilaku.

Setiap kali sobat menggeser pandangan maka otak dapat mengirimkan perintah ke mata untuk bergerak. Namun salinan perintah yang dikeluarkan dalam sistem visual otak adalah secara internal. Hal ini memungkinkan otak untuk memprediksi informasi visual yang dihasilkan dari gerakan tubuh kalian sendiri dan untuk mengkompensasi aktivitas neuron tertentu.

Otak manusia sendiri mengandung sekitar 80 miliar neuron yang mana membuat tugas menentukan dengan tepat bagaimana membuat prediksi dan mengubah persepsi kita pada tingkat sel. Lantas kenapa percobaan pertama dilakukan pada lalat buah? Hal ini karena lalat buah umumnya melakukan jenis gerakan yang sama dari gerakan mata manusia namun lalat buah dapat melakukan hal itu dengan cepat. Ternyata lalat buah juga memilik100.000 neuron di otak berukuran biji poppynya. Lebih lanjut otak manusia masih mampu untuk membedakan antara yang diharapkan dan tak terduga dari gerakan visual yang dilansir dari Sciencedaily, Jumat (06/01/2017).

Saya adalah seorang mahasiswa yang lagi belajar menulis, jadi untuk lebih membangun dan memperbaiki tulisan saya, mohon kritik dan saran dari Anda. Terimakasih ...

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>