Tech News

Apple Menawarkan “Access Proxy”, Untuk Memudahkan Pemegang Saham Dalam Menominasikan Direksi

JATIMTECH.com – Dalam pengajuan surat berharga baru-baru ini, Apple mengumumkan bahwa mereka berencana untuk menawarkan “akses proxy”, yang memungkinkan pemegang saham lama atau sekelompok pemegang saham untuk mencalonkan anggota selama dewan direksi,aporan Wall Street Journal dilansir dari Macrumors, Minggu (27/12/2015).

Dalam pengajuan surat berharga, Apple mengatakan dewan direksi telah mengadopsi peraturan diubah Senin kemarin yang memungkinkan pemegang saham, atau sekelompok hingga 20 pemegang saham dapat memegang 3% sahamnya secara terus-menerus selama tiga tahun untuk memasukkan nominasi papan dalam pernyataan proksi tahunan perusahaan.

Peraturan baru ini memungkinkan pemegang saham untuk mencalonkan hingga 20 persen dari dewan direktur Apple. Sejak Apple memiliki 8 direksi, pemegang saham akan diizinkan untuk mencalonkan satu direktur.

Akses Proxy merupakan dorongan baru oleh investor aktivis yang berusaha untuk melakukan perubahan di papan perusahaan, pemegang saham memberikan pengaruh lebih besar pada strategi perusahaan dan kemampuan untuk menggulingkan direksi. Perusahaan terkemuka lainnya yang juga mengadopsi akses proxy, antara lain McDonald, Goldman Sachs dan Coca-Cola.

Pada bulan Maret pada pertemuan tahunan Apple terbaru, proposal pemegang saham yang meminta perusahaan Cupertino untuk mengadopsi akses proxy yang mengumpulkan dukungan 39 persen.