iOS

Apple Kini Memberikan Pemberitahuan Saat Mendownload Aplikasi Yang Terinfeksi

Jatimtech.com – Kini Apple secara otomatis akan memberitahu kepada pengguna apabila mereka mengunduh sebuah aplikasi yang terinfeksi malware dari App Store. Pemberitahuan ini telah bisa disosialisasikan pada hari selasa kemarin.

Seperti yang dilansir Mashable (23/09/2015), dalam pertanyaan yang diposting dalam bahasa Cina dan Inggris di salah satu website Cina disebutkan bahwa Apple menguraikan langkah-langkah untuk menerapkan fitur tersebut sekaligus nantinya bisa memperbaiki aplikasi yang terinfeksi malware dan menjaga kerahasiaan informasi pengguna.

Pelanggan akan menerima informasi lebih lanjut untuk membiarkan mereka tahu bahwa mereka sudah berhasil mendownload aplikasi. Sementara belum pasti kapan dan bagaimana pengguna akan diberitahu.

Pembuatan fitur tersebut tak lain karena banyak aplikasi yang dipengaruhi XcodeGhost yaitu satu bentuk malware yang pekan lalu telah terungkap dan diakui oleh Apple pada hari Minggunya. Pihak Palo Alto Networks yang merupakan perusahaan penemu masalah tersebut mengidentifikasi 39 aplikasi yang terinfeksi. Meski bisa jadi laporan lain menyatakan bahwa aplikasi yang terkena dampak tersebut bisa lebih banyak.

Di bagiannya, Apple akan mempublikasikan 25 aplikasi paling popular yang menampilkan malware dan hanya menyatakan berapa banyak jumlah aplikasi yang terkena infeksi.

Beberapa aplikasi yang telah diidentifikasi oleh peneliti keamanan merupakan beberapa persembahan paling popular di Cina diantaranya seperti WeChat, Angry Birds 2 dan Didi ChuXing. Tencent selaku perusahaan di balik WeChat menuturkan bahwa aplikasi tersebut telah diperbaharui dan diperbaiki meskipun banyak aplikasi lain yang terinfeksi dan tidak tersedia pembaharuan.

Pihak Apple tengah berupaya bekerjasama dengan pihak pengembang untuk mendapatkan aplikasi yang terinfeksi dampak negatif bisa kembali lagi ke App Store dan segera dinikmati oleh para pelanggan.