Kesulitan menurunkan berat badan? Coba pasang aplikasi diet di smartphone Anda untuk merencanakan menu makanan sehat hingga olahraga secara teratur.

 

Aplikasi-aplikasi tersebut dibekali dengan berbagai macam fitur. Mulai dari penghitung kalori, penghitung waktu olahraga, hingga gerakan-gerakan olahraga untuk menghilangkan lemak di bagian tubuh tertentu.

Aplikasi diet bahasa Indonesia yang bagus

Untuk mendapatkannya, Anda tidak perlu membayar. Mayoritas aplikasi diet ini berbahasa Indonesia dan gratis. Jadi Anda bisa paham dengan menu, jadwal, ataupun perhitungan kalori di dalam aplikasi. Hanya memang bila menghendaki fitur khusus yang tidak tersedia di versi free, Anda harus upgrade ke versi pro.

Rekomendasi Aplikasi Diet Terbaik

Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan review mengenai beberapa APK diet. Silakan cek dan temukan yang sesuai dengan kebutuhan.

1. Aplikasi diet dengan target sebulan: Lose Weight at Home – Home Workout in 30 Days

Gambar: Tampilan dan fitur Lose Weight at Home Home Workout in 30 Days

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini menargetkan diet dapat sukses dalam 30 hari atau satu bulan. Selama 30 hari, Anda akan diajak untuk melakukan latihan.

Setiap hari, Anda harus melakukan jenis latihan tertentu dengan total waktu yang sudah ditentukan. Sebagai contoh, di hari pertama Anda harus melakukan 7 jenis latihan dalam waktu 10 menit. Selanjutnya, hari kedua jenis latihannya juga berjumlah 7 dengan waktu 11 menit.

Selain gerakan-gerakan, di sini juga ada informasi menu makanan diet selama 30 hari. Anda bisa memilih menu makanan standar atau vegetarian.

Aplikasi yang sudah dipasang sebanyak 50 juta kali lebih ini mendapatkan bintang 4,8 dari 5. Total ulasannya mencapai 670 ribuan.

2. Aplikasi diet penghitung kalori bahasa Indonesia: Calorie Counter by FatSecret

Penghitung kalori merupakan salah satu alat yang sangat dibutuhkan ketika sedang menjalankan program diet. Hal ini karena kalori harian yang masuk dan keluar sangat berpengaruh terhadap penurunan berat badan.

Bila dalam sehari konsumsi kalorinya berlebih, maka BB yang seharusnya turun malah bisa naik.

Jika perhitungan kalori ini menjadi masalah Anda, maka silakan coba pasang Calorie Counter by FatSecret.

Di sini, Anda akan mendapatkan informasi mengenai jumlah kalori, diary diet agar bisa selalu berada dalam track saat makan, kalender kalori, hingga resep makanan yang lezat dan aman buat diet.

Calorie Counter mendapatkan unduhan lebih dari 10 juta kali dengan ulasan sebanyak 370 ribuan. Dari total review tersebut, dia mendapatkan bintang 4,7 dari 5.

Bagi Anda yang kurang paham bahasa Inggris, tenang saja. Aplikasi untuk menghitung kalori dari FatSecrect ini sudah mendukung bahasa Indonesia, kok.

3. Menghilangkan lemak di bagian tertentu: Lose Weight App for Women – Workout at Home

Gambar: Tampilan dan fitur Lose Weight App for Women Workout at Home

Sesuai dengan namanya, aplikasi diet ini khusus untuk wanita, yakni digunakan untuk latihan dalam membentuk tubuh atau membuang lemak di badan.

Jika Anda merasa tidak punya cukup waktu untuk olahraga, maka Lose Weight App for Women ini sangat direkomendasikan. Hal ini karena fitur utamanya adalah menyediakan latihan cepat dalam waktu 2 – 7 menit.

Meski hanya sebentar, latihan yang dilakukan bisa berdampak langsung pada tubuh Anda. Bahkan menariknya, Anda bisa memilih mana bagian yang ingin dikecilkan atau dibakar lemaknya. Misalnya perut, lengan, paha, atau yang lain.

Artinya, dengan apps ini Anda tidak perlu lagi menggunakan aplikasi edit foto supaya bisa terlihat slim.

Di sini terdapat 4 tingkat kesulitan sehingga sangat cocok buat pemula maupun profesional. APK yang memiliki bintang 4,8 ini telah dipasang sebanyak 10 juta kali dengan ulasan 360 ribuan.

4. Program diet dengan konsep puasa: BodyFast Intermittent Fasting Tracker – Diet Coach

Gambar: Tampilan dan fitur BodyFast Intermittent Fasting Tracker Diet Coach

Jika Anda suka menerapkan diet berbasis puasa agar lebih mudah mengatur pola makan, maka aplikasi BodyFast ini cocok untuk dipasang.

Dengan BodyFast, Anda seperti mendapatkan pelatih diet yang bisa menciptakan rencana puasa terbaik.

Saat membuka aplikasinya, Anda harus memilih salah satu dari tujuan utama diet. Apakah untuk meningkatkan kesehatan, penurunan berat badan, menambah energi, atau yang lainnya.

Anda juga harus mengisi beberapa informasi dasar seperti pengalaman berpuasa, berat badan saat ini, tinggi badan, dll.

Setelah informasinya masuk dan akun selesai dibuat, maka Anda akan bisa mengakses sistem puasa yang ada di dalam aplikasi tersebut.

BodyFast telah dipasang sebanyak 5 juta kali lebih. Aplikasi tanpa iklan ini mendapatkan bintang 4,6 dari 5 di Play Store.

5. Aplikasi diet OCD: OCD App – Obsessive Corbuzier’S Diet (Official)

Gambar: Tampilan dan fitur OCD App Obsessive Corbuzier Diet OFFICIAL

APK yang berdasar dari cara diet ala Deddy Corbuzier ini sudah sangat terkenal di Indonesia. Anda bisa menggunakan OCD App untuk membantu menyempurnakan program diet OCD.

Terdapat banyak fitur yang dapat Anda manfaatkan. Di antaranya adalah gerakan workout, kalkulator BMI, pengukur waktu, dan yang lainnya.

OCD app telah diunduh sebanyak 100 ribu kali lebih. Bintangnya saat ini adalah 4,8 dari 5.

6. Aplikasi diet water: Drink Water Reminder – Water Tracker and Diet

Gambar: Tampilan dan fitur Drink Water Reminder Water Tracker and Diet

Salah satu cara diet yang tergolong berhasil adalah dengan meminum air. Seorang dieter harus menjaga konsumsi airnya di angka yang tepat agar tubuhnya terhidrasi. Secara umum, Anda harus menghabiskan 2 liter air per hari.

Nah, aplikasi Drink Water Reminder ini akan membantu mengingatkan Anda untuk meminum air, mengukur kebutuhan air harian, tracking air, dll.

Meski terkesan sederhana, faktanya Drink Water Reminder sudah diunduh sebanyak 1 juta kali di Play Store.

Tak hanya bagus untuk menurunkan berat badan, APK ini juga cocok untuk Anda yang ingin terus menjaga kesehatan dan terhidrasi dengan sempurna.

7. APK diet yang simpel dan mudah digunakan: Google Fit

Gambar: Tampilan dan fitur Google Fit Health and Activity Tracking

Google LLC bekerja sama dengan WHO dan AHA membuat aplikasi Google Fit. Dengan apps ini, Anda dapat menurunkan berat badan, menjaga kesehatan jantung, dll.

Anda bisa melakukan tracking terhadap latihan melalui HP atau jam tangan hingga monitoring terhadap gol yang ingin dicapai.

Google Fit telah dipasang di lebih dari 50 juta perangkat dengan bintang 3,9 dari 5 di Play Store.

8. Aplikasi diet gratis iOS dan Android: Calorie Counter by Lose It

APK besutan FitNow, Inc. ini fokus pada penurunan berat badan dengan fitur perhitungan kalori. Dengan apps ini, Anda dapat menghitung kalori yang masuk dan keluar dari tubuh, mengetahui nutrisi makanan, hingga menjalankan tantangan diet bersama teman.

Menariknya lagi, ada barcode scanner yang dapat dipakai untuk menghitung karbohidrat dan kalori pada makanan tertentu.

Sebanyak 10 juta lebih orang sudah memasang Lose It, baik dari iOS maupun Android. Saat ini, mayoritas pengguna juga puas dengan isi aplikasinya.

9. Aplikasi diet keto, paleo, diet tanpa gula, dan puasa: LifeSum – Diet Plan, Macro Calculator & Food Diary

Gambar: Tampilan dan fitur Lifesum Diet Plan Macro Calculator Food Diary

LifeSum merupakan apps yang cukup lengkap karena memiliki fitur pilihan rencana diet yang beragam, di antaranya keto, paleo, diet tanpa gula, dan puasa.

Untuk membantu menurunkan berat badan, APK ini dilengkapi dengan kalori tracker, resep menu makanan diet sehat, grafik keberhasilan penurunan berat badan, hingga tips nutrisi.

LifeSum telah memperoleh bintang 4,4 dari 5 di Play Store dengan total unduhan lebih dari 10 juta kali.

Sekarang, selamat memilih mana aplikasi diet yang paling Anda butuhkan menurut program yang diambil dan selamat mencobanya.

Tagged in:
, , , ,

About the Author

Tim Jatimtech

Situs teknologi yang menyajikan ulasan, tips & trik aplikasi, rekomendasi produk dan berita terkini.

View All Articles