Ada banyak aplikasi edit foto di Play Store, tapi hanya sedikit yang berfitur lengkap dan dapat memuaskan kebutuhan editing foto dan gambar Anda.

Aplikasi-aplikasi yang dapat diunduh gratis tersebut umumnya dibekali dengan fitur yang berbeda sehingga memiliki keunikan sendiri-sendiri. Silakan temukan rekomendasi terbaiknya melalui ulasan kami di bawah ini.

Manfaat aplikasi edit foto di HP

Sebelum membahas tentang rekomendasi aplikasinya, berikut ini adalah sekilas tentang manfaat aplikasi photo editor:

  1. Sama dengan aplikasi edit video, APK edit foto pun menjadi kebutuhan yang sangat mendasar. Hal ini karena dunia media sosial kini makin maju. Di mana kebanyakan orang ingin berbagi foto dan video terbaiknya kepada teman di dunia maya.
  2. Selain itu, APK ini juga dipakai untuk berbisnis. Dengan aplikasi-aplikasi tersebut, para pedagang bisa membuat banner, selebaran, hingga iklan pendek.

Selain dua manfaat di atas, tentu masih banyak kegunaan lain yang bisa dirasakan dari pemakaian APK editing foto.

10 Rekomendasi aplikasi edit foto terbaik, silakan pilih!

Berikut ini adalah beberapa aplikasi yang direkomendasikan, silakan pilih sesuai dengan kebutuhan Anda:

1. Canva: Editing foto dengan template yang lengkap

Aplikasi pertama yang cukup direkomendasikan adalah Canva. Di sini, Anda bisa mengedit berbagai macam foto menggunakan template yang ada secara instan. Pada gambar tersebut, Anda bisa menambahkan teks-teks menarik.

Menariknya, di sini ada template khusus untuk postingan media sosial seperti story instagram, facebook, dan yang lainnya. Anda pun bisa langsung edit template tersebut dan membagikannya ke media sosial pribadi.

2. Snapseed: Aplikasi edit foto profesional yang dikembangkan Google

Gambar: Tampilan dan fitur aplikasi edit foto Snapseed

Snapseed memiliki fitur filter yang sangat keren. Anda bisa membuat tampilan gambar lebih cerah atau terang. Juga mempercantik fotonya dengan pengaturan manual sesuai kebutuhan. Selain itu, ada fitur teks yang hadir dengan desain keren.

Aplikasi ini cukup ringan dan mudah sekali digunakan. Pemula yang baru belajar editing pun dapat melakukannya dengan mudah.

Snapseed memiliki total unduhan sebanyak 100 juta lebih. Dari 1,3 juta review yang masuk, aplikasi dari Google LLC ini mendapatkan bintang 4,5 dari 5.

3. PicsArt: Punya efek lengkap dan bisa bikin kolase

PicsArt termasuk ke dalam aplikasi edit foto yang lengkap. Dengan PicsArt, Anda bisa memberikan efek-efek terbaik. Misalnya saja blur, glitch, hingga kartun.

Anda pun dapat membuat kolase foto yang unik dan artistik. Ditambah lagi, PicsArt kini sudah dilengkapi dengan video editor sehingga Anda bisa membuat editan video sekalian.

Aplikasi yang lengkap ini sudah mendapatkan lebih dari 500 juta kali unduhan. Dari total review 10 jutaan yang masuk, dia tetap mempertahankan bintangnya di atas 4.

4. Unfold: Cocok buat yang suka fotografi dan menulis Quotes

Gambar: Tampilan dan fitur Unfold — Story Maker Instagram Template Editor

Jika Anda suka menulis kutipan-kutipan, Unfold bisa menjadi aplikasi yang cocok. Di sini tersedia beragam template, teks, dan font yang keren.

Untuk mendukung hobi fotografi Anda, Unfold menyediakan banyak kolase, filter, background, hingga stiker.

Total unduhan Unfold sudah mencapai 10 jutaan lebih. Dari unduhan itu, dia mendapatkan review sebanyak 150 ribuan yang kebanyakan positif.

5. Pixlr: Bisa ubah warna foto secara instan dan percantik wajah

Pixlr sudah dilengkapi dengan fitur yang cukup lengkap. Di antaranya adalah efek-efek unik, perubahan tone, crop, resize, dan yang lainnya.

Menariknya, Pixlr bisa digunakan untuk mengubah warna foto secara instan. Anda tinggal klik menu Auto Fix untuk mendapatkan kemudahan ini.

Aplikasi edit foto yang sudah diunduh 50 juta kali ini juga menyediakan fitur blur. Kerennya lagi, dia bisa dipakai untuk menghilangkan bintik hitam di wajah. Oleh karena itu, apabila Anda ingin membuat wajah terlihat lebih mulus, aplikasi ini sangat direkomendasikan.

Total ulasan yang masuk untuk Pixlr sebanyak 1,2 jutaan dan bintang yang diperoleh adalah 4,3 dari 5.

6. VSCO: Aplikasi edit foto selebgram dengan fitur editing tingkat lanjut

VSCO sangat terkenal di kalangan pencinta fotografi, bahkan banyak selebgram menggunakan aplikasi edit foto ini. Berbeda dengan aplikasi sebelumnya yang cenderung instan, VSCO menawarkan fitur yang unik karena bisa membuat tampilan ala kamera DSLR. Anda bisa memilih hasil foto ala Fuji, Kodak, atau yang lainnya.

Anda pun dapat mengedit dengan menggunakan fitur Split One dan HSL yang merupakan pengeditan tingkat lanjut.

Menariknya lagi, tak hanya foto, VSCO juga dapat dimanfaatkan untuk edit video. Anda juga akan terhubung dengan komunitas kreatif dan berbagi ide original.

Saat ini, VSCO sudah diunduh lebih dari 100 juta kali dengan bintang 4,2 dari 5 di Play Store. Jumlah ulasannya mencapai lebih dari 1,1 juta.

7. Prisma: Bisa ubah foto ke lukisan atau art

Gambar: Tampilan dan fitur andalan Prisma Photo Editor

Prisma menawarkan perubahan foto dalam berbagai pilihan gaya seni, salah satunya adalah mengubah foto menjadi seperti lukisan.

Dengan memakai aplikasi edit foto ini Anda bisa mendapatkan style terbaik yang sesuai dengan gaya pribadi.

Prisma merupakan salah satu aplikasi yang cukup populer secara global. Kini, total unduhannya sudah mencapai 50 juta lebih dengan ulasan hampir 1 juta. Dari ulasan yang masuk, Prisma mendapatkan bintang 4,6 dari 5.

8. LightX: Aplikasi edit foto jadi kartun

Jika Anda lebih suka mengedit foto menjadi sesuatu yang menyerupai karikatur dan kartun, maka pilihlah LightX.

Dengan LightX, Anda bisa mengubah background, mengubah warna rambut, hingga menambahkan efek tertentu. Selain itu, LightX juga punya memiliki banyak tools editing lain seperti menambahkan huruf dan teks.

Artinya, lightX bisa dipakai untuk membuat meme bergambar karikatur atau kartun lucu. Terlebih, dia juga dapat dipakai untuk menggabungkan foto agar bisa nge-blend dengan sempurna.

Kalau Anda foto full body dan ingin terlihat lebih slim, LightX juga menyediakan fiturnya.

Aplikasi menarik dari AndOr Communications Pvt Ltd ini sudah diunduh 10 juta kali lebih dengan bintang 4,5 dari 5.

9. Motionleap atau Pixaloop: Aplikasi edit foto jadi anime atau 3D yang epic

Motionleap dulunya memiliki nama Pixaloop. Aplikasi ini memiliki keunikan yang tidak dimiliki oleh foto editor lainnya, yakni animasi lengkap.

Hal ini wajar mengingat konsep yang diusung oleh Pixaloop memang foto animator. Artinya, fitur-fitur di dalamnya juga khusus untuk membuat fotonya jadi animasi atau 3D.

Ada banyak sekali ide animasi yang bisa dicoba. Dengan Motionleap, tampilan foto akan terasa lebih hidup.

Saat ini, Motionleap mendapatkan unduhan 10 juta kali lebih. Tapi jumlah ini rasa-rasanya akan terus meningkat karena banyak yang menyukainya.

10. PicSay: Editor foto lucu dan instan

Gambar: Tampilan dan fitur PicSay Photo Editor

Dengan Picsay, Anda dapat membuat gambar jadi lucu dan unik. Ada fitur untuk mengubah shape atau bentuk. Juga ada stiker-stiker lucu yang dapat diaplikasikan dengan cepat dan mudah.

PicSay memungkin Anda untuk membuat editan foto jadi instan dan tidak butuh waktu lama.

Total unduhan untuk aplikasi ini sudah mencapai 10 jutaan dengan bintang 4,2 dari 5 yang didapat dari 270 ribuan review.


Semua aplikasi edit foto di atas gratis. Kecuali jika Anda menghendaki fitur-fitur khusus yang hanya di versi pro-nya.

Tagged in:
, , ,

About the Author

Tim Jatimtech

Media industri aplikasi mobile. Memberikan ulasan aplikasi, tips & trik aplikasi, rekomendasi aplikasi dan berita terkini.

View All Articles