Jadi Youtuber makin mudah dengan bantuan aplikasi edit video. Aplikasinya bisa dipasang di HP sehingga editing dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja.

 

Aplikasi edit video di Android untuk pemula

Di Play Store, Anda bisa menemukan banyak sekali aplikasi berbasis editing video. Semua APK tersebut tentu memiliki perbedaan dari segi fitur dan kelebihan.

Ada yang cocok digunakan buat pemula, ada yang tidak. Ada yang pakai watermark, ada pula yang tidak. Oleh karena itu, sebagai pengguna Android Anda harus memilih sebelum memasangnya di HP.

Rekomendasi aplikasi edit video terbaik untuk Android

Pada kesempatan ini, kami akan membahas mengenai beberapa rekomendasi aplikasi yang cukup banyak digunakan dan sudah banyak mendapatkan ulasan positif. Selamat menyimak untuk mengetahui lebih jelas.

1. Aplikasi edit video praktis dan lengkap, Filmora Go

Filmora Go merupakan aplikasi pertama yang sangat direkomendasikan baik buat pemula maupun profesional. Keunggulan Filmora adalah praktis digunakan.

Meski baru pertama kali melakukan editing, Anda akan langsung bisa memakai aplikasinya. Dia sudah support 4K dan memiliki fitur yang lengkap. Anda bisa menambahkan backsound, menggabungkan video, mengedit, memberi judul, hingga subtitel.

Aplikasi yang sudah diunduh 50 juta kali ini memiliki watermark berupa iklan berdurasi sekitar 5 detik di akhir video. Watermark tersebut biasanya baru akan muncul setelah proses rendering selesai.

2. Menyerupai aplikasi edit video PC dengan fitur canggih: Kinemaster

Sama dengan Filmora, Kinemaster juga sangat cocok buat pemula dan profesional sekaligus. Meski masih amatir, Anda pun dapat memakai aplikasi ini dengan cepat karena mudah dipahami.

Yang menarik, di sini Anda dapat menggunakan fitur-fitur canggih yang biasanya hanya bisa dilakukan dengan cepat melalui PC.

Salah satu kemudahannya adalah fitur split video. Di mana untuk satu video yang terpilih, Anda bisa memenggalnya menjadi beberapa bagian kemudian diberikan teks atau filter tertentu.

Selain kelebihan tersebut, Anda dapat memanfaatkan fitur lain seperti penggabungan klip, pengaturan kecepatannya, hingga memberikan musik latar pada konten yang sedang diedit.

Aplikasi yang sudah support 4K ini membubuhkan watermark dalam bentuk ikon di bagian kanan atas videonya. Jika ingin menghilangkannya, Anda harus upgrade ke versi pro.

Kinemaster telah mendapatkan unduhan sebanyak 100 juta kali dengan total ulasan mencapai 3,5 jutaan. Mayoritas pengguna sepakat memberikan ulasan positif sehingga bintangnya mencapai 4,4 dari 5 di Play Store.

3. Aplikasi edit video yang ringan tanpa watermark: YouCut – Video Editor & Video Maker, No Watermark

Gambar: Tampilan dan fitur YouCut Video Editor Video Maker No Watermark

Salah satu keunikan sekaligus keunggulan YouCut adalah tanpa watermark. Artinya, saat Anda melakukan editing, hasilnya sudah bersih dan terlihat original hasil karya sendiri.

Selain itu, Anda juga bisa langsung pakai aplikasinya begitu selesai instalasi. Tak perlu melakukan login menggunakan akun tertentu seperti Gmail, FB, dll. Begitu buka aplikasi, Anda bisa langsung edit video.

Storyboard-nya sederhana dengan pilihan trim, musik, filter, efek, teks, stiker, hingga kecepatan yang sudah langsung terlihat dalam satu layar. Mudah dan cepat.

Dengan keunggulan di atas, tak heran bila YouCut sudah diunduh lebih dari 50 juta kali dan mendapatkan ulasan sebanyak 2,9 juta dari penggunanya.

4. Aplikasi edit video untuk iPhone, Android, dan perangkat lain: Magisto

Gambar: Tampilan dan fitur Magisto Video Editor Music Slideshow Maker

Magisto merupakan APK yang unik karena dapat digunakan pada berbagai perangkat. Tak hanya Android, Anda bisa menggunakannya pada iPhone, tablet, dll.

Kelebihan lain yang dimilikinya adalah pilihan musik yang bagus-bagus dan tampilan yang tidak membosankan.

Fitur-fitur penting editing video sudah ada pada Magisto namun untuk beberapa opsi, Anda mungkin perlu upgrade ke versi pro.

5. Aplikasi Editing video Android tercepat: Quik

Tagline Quik adalah aplikasi edit video tercepat. Jika Anda tertarik dengan kelebihan ini, silakan sediakan ruang sebanyak 100 MB di memori HP.

Selain itu, apabila Anda sering menggunakan aplikasi desain grafis untuk membuat iklan, maka Quik sangat cocok digunakan juga. Hal ini karena aplikasi ini dapat memproduksi video pendek dengan konsep otomatis.

Anda bisa langsung menggabungkan video, atur kecepatan, menuliskan judul, hingga memilih tema yang sudah ada musiknya.

Yang menarik, pilihan musik di Quik sangat bagus dengan tema yang sudah disesuaikan. Jadi, Anda pun tidak perlu bingung lagi.

6. Aplikasi editing video simpel, bisa foto dan kolase: InShot

InShot menjadi APK simpel yang cukup direkomendasikan karena tergolong lengkap. Tak hanya video, di sini Anda bisa mengedit foto dan kolase.

Khusus untuk editing videonya, ada beberapa fitur yang dapat dimanfaatkan. Di antaranya adalah stiker, kanvas, split, teks, musik, pengaturan kecepatan, hingga latar belakang.

Semuanya ada dalam satu layar dan bisa diketuk dan digeser dengan mudah. Anda pun bisa menambahkan file dengan menekan tombol + yang ada di pojok kiri bawah.

Sudah banyak konten yang diedit menggunakan inShot. Hal tersebut terlihat secara jelas pada watermark yang ada di konten hasil editannya. Konten-konten tersebut sudah dibagikan oleh berbagai pengguna ke media sosial masing-masing.

7. Bisa tambahkan efek suara tertawa dan yang lainnya: VideoShop

Gambar: Tampilan dan fitur Videoshop Video Editor

Jika Anda sering mengedit konten yang membutuhkan efek suara seperti tertawa, suara binatang, dan yang lainnya, maka VideoShop adalah pilihan yang tepat.

Selain keunggulan tersebut, aplikasi berukuran ringan kurang dari 50 MB ini juga dibekali dengan fitur lengkap seperti musik, trim, filter, teks animasi, slow motion, fast motion, dan yang lainnya.

VideoShop kini memperoleh bintang 4,7 dari 5 dengan total review sebanyak hampir 820 ribu. APK ini cukup direkomendasikan terbukti sudah ada 10 jutaan kali unduhan.

8. Bisa memberikan efek blur yang menakjubkan: VivaVideo

Gambar: Tampilan dan fitur editing VivaVideo Video Editor Video Maker

VivaVideo direkomendasikan karena ketersediaan fitur efek dan stiker yang sangat banyak. Selain itu, hasil editannya juga sangat khas dengan tampilan latar blur yang menakjubkan.

VivaVideo sudah memiliki berbagai fitur dasar yang diperlukan pada APK editing video seperti pemotongan klip, slow motion, gabungan klip, dan yang lainnya.

Total unduhannya sudah mencapai lebih dari 100 juta secara global. Dari angka tersebut, VivaVideo mendapatkan ulasan sebanyak 12 jutaan dan terus meningkat. Sebuah pencapaian yang fantastis.

9. Aplikasi editing video yang kaya akan tema dan bisa kompres file: VideoShow

VideoShow memiliki segudang fitur yang dapat dimanfaatkan. Dari sekian banyak fitur tersebut, yang paling menarik adalah ketersediaan tema yang melimpah. Saat ini, ada lebih dari 50 tema yang sudah didukung dengan efek-efek original khas VideoShow.

Anda bisa menyimpan hasil editan dengan kualitas HD atau mengompresnya untuk menghemat ruang dalam HP.

10. Bikin video green screen: PowerDirector

PowerDirector pada dasarnya merupakan aplikasi editing dengan fitur lengkap dan canggih. Pemula yang memakai aplikasi ini mungkin butuh waktu buat penyesuaian. Meski begitu, hasil editannya dapat diacungi jempol karena terlihat sangat profesional.

Yang paling menarik, di sini Anda bisa membuat konten green screen sehingga sangat direkomendasikan.

Jika Anda kesulitan menggunakan aplikasinya, maka silakan ikuti tutorial yang sudah tersedia pada semua fiturnya.


Itulah beberapa rekomendasi aplikasi edit video terbaik 2021 untuk ponsel Anda. Yang perlu diingat, pada saat proses rendering, biasanya dibutuhkan waktu yang sangat lama tergantung durasi videonya.

menyiapkan HP dengan spesifikasi terbaik adalah cara bijak agar kinerjanya bisa disesuaikan.

Tagged in:
, , , ,

About the Author

Tim Jatimtech

Situs teknologi yang menyajikan ulasan, tips & trik aplikasi, rekomendasi produk dan berita terkini.

View All Articles