Jangan biarkan sampah HP menggunung, segera bersihkan memakai aplikasi pembersih Android. Longgarkan RAM agar performanya kembali cepat.

 

Anda dapat memilih salah satu dari sekian banyak APK cleaner yang ada di Play Store. Tinggal sesuaikan saja dengan kebutuhan dan kondisi smartphone saat ini.

Aplikasi Pembersih Sampah dan RAM Android Terbaik

Kami akan memberikan review mengenai beberapa APK yang recommended untuk diunduh dan dipasang di HP. Berikut ini beberapa pilihan aplikasinya:

1. Aplikasi pembersih sampah terbaik: Phone Master, Junk Cleaner Master and Battery Cooler

Gambar: Fitur di Phone Master –Junk cleaner master, Battery Cooler

Phone master merupakan aplikasi cleaner terbaik di Android. Hal ini terbukti dari total unduhannya yang sudah mencapai 100 jutaan lebih. Dari instalasi tersebut, sebanyak hampir 750 ribu penggunanya telah memberikan ulasan positif yang rata-rata bintangnya adalah 4,7.

Beberapa fitur yang tersedia pada aplikasi besutan Shalltry Group ini di antaranya adalah speed booster, pembersih sampah, penghemat daya baterai, Applocker, pendingin CPU, hingga pengelola data.

Untuk mengunduh aplikasinya, silakan sediakan ruang sebesar 20 MB dengan spesifikasi OS 5.0 ke atas.

2. Aplikasi pembersih RAM yang mudah digunakan: CCleaner – Cache Cleaner, Phone Booster, Optimizer

Gambar: Fitur dan Tampilan CCleaner – Cache Cleaner, Phone Booster, Optimizer

CCleaner merupakan APK pembersih sampah yang sudah sangat terkenal di Indonesia. Jumlah penggunanya secara global adalah sebanyak 50 jutaan lebih.

Menariknya, dari total unduhan tersebut CCleaner sudah mendapatkan review dari hampir 1,8 juta pengguna dengan rata-rata bintangnya adalah 4,7.

Dengan aplikasi cleaner ini, Anda dapat membersihkan cache, mengosongkan ruang di memori dan RAM, mengoptimalkan kinerja HP, dll.

Menariknya, Anda juga bisa menguninstall beberapa aplikasi yang tidak terpakai secara bersamaan dalam satu waktu. Untuk mengunduh CCleaner, silakan sediakan ruang 35 MB saja.

3. Punya fitur ads cleaner (pembersih iklan): Nox Cleaner – Booster, Optimizer, Cache Cleaner

Gambar: Fitur Nox Cleaner – Booster, Optimizer, Cache Cleaner

Selain sebagai aplikasi pembersih sampah, Nox cleaner juga dapat bertindak sebagai aplikasi antivirus. Di antara fitur yang tersemat padanya adalah penghapusan sampah, cache, memori, hingga iklan.

Selain dapat meningkatkan performa ruang di HP, Nox juga memiliki kemampuan untuk meningkatkan kinerja Androidnya.

Beberapa fitur yang tersedia di Nox adalah pembersih sampah maksimal, antivirus real time, booster memori, pendingin CPU, master blokir notifikasi tak penting, game booster master, penghemat baterai, AppLock, master image manager, dan pengelola aplikasi.

Aplikasi yang sudah diunduh lebih dari 50 jutaan ini mendapatkan bintang 4,6 dari ulasan lebih dari 1,4 juta. Anda dapat memasangnya pada Android bersistem operasi 4.4 ke atas dengan ruang sebesar 30 MB.

4. Pembersih sampah dan pengelola galeri foto terbaik: AVG Cleaner – Junk Cleaner, Memory & RAM Booster

Gambar: Tampilan dan fitur AVG Cleaner – Junk Cleaner, Memory & RAM Booster

Selain terkenal dengan APK anti virusnya, AVG juga memiliki APK khusus untuk membersihkan HP. Khususnya untuk menyingkirkan sampah, mengosongkan memori, hingga melonggarkan RAM Android.

Selain fitur-fitur dasar tersebut, AVG juga punya keunikan, yakni kemampuannya untuk mengelola file-file foto yang ada di galeri.

Dengan aplikasi ini, Anda dapat menghapus foto-foto dobel (duplikat) dengan sangat mudah. Selain itu, proses pembersihan galeri juga dapat dilakukan dengan cepat karena tampilan aplikasinya sangat simpel.

AVG membutuhkan ruang 35 MB dengan unduhan sebanyak 50 juta lebih. Total ulasan aplikasinya sudah mencapai 1,4 jutaan dan sebagian besar positif.

5. Aplikasi cleaner super ringan berfitur lengkap: Phone Cleaner – Cache Cleaner, Android Booster Master

Gambar: Tampilan Phone Cleaner- Cache Clean, Android Booster Master

Salah satu keunikan dari Phone Cleaner terletak pada ukuran file-nya yang hanya 7,4 MB. Meski ukurannya tergolong ringan, fitur aplikasinya cenderung lengkap.

Beberapa hal dasar seperti pembersih cache, sampah, memori, notifikasi, hingga booster kecepatan dan penghemat baterai sudah dimilikinya.

Di sini juga sudah tersedia pendingin CPU lengkap dengan 1 tap boost untuk menaikkan performa HP hanya dengan 1 kali ketuk.

Menariknya lagi, ada fitur deep cleaning untuk membersihkan sisa-sisa sampah yang mungkin masih ada di smartphone Anda.

Total unduhan Phone Cleaner sudah mencapai 50 jutaan dengan review 800 ribuan. Dari ulasan tersebut, aplikasi yang dapat dipasang pada Android 4.1 ke atas ini mendapatkan bintang 4,7.

6. Download aplikasi pembersih RAM otomatis: Avast Cleanup & Boost, Phone Cleaner, Optimizer

Gambar: Fitur Avast Cleanup & Boost, Phone Cleaner, Optimizer

Sesuai dengan namanya, fitur dasar yang dimiliki Avast Cleanup adalah bisa membebaskan ruang memori di HP, menghapus dan melonggarkan ruang di galeri, membersihkan RAM, menghemat baterai, menganalisis aplikasi-aplikasi yang terinstal di HP Anda, hingga overview media atau file-file lain.

Yang menarik, Anda dapat membeli versi premiumnya yang memiliki beberapa fitur seperti bebas iklan hingga pembersihan otomatis yang dapat dijadwalkan.

Aplikasi cleaner yang sudah mendapatkan 1 juta lebih ulasan ini bintangnya sekitar 4,7 dengan total download di atas 50 juta. Silakan pasang di Android dengan menyediakan ruang 35 MB.

7. Aplikasi simpel, ringan, dan mudah dipakai: Cleaner – Phone Cleaner, Memory & Booster

Lite Tools Studio mengeluarkan APK pembersih yang cukup keren. Dengan ukuran file hanya 11 MB, Anda sudah dapat menikmati fiturnya yang cukup lengkap.

Di antara fitur tersebut adalah app manager, phone booster, pembersih sampah, AppLock, dan pembersihan foto serta screenshot. Semua fiturnya dapat Anda gunakan dengan mudah dan cepat.

APK ini mendapatkan unduhan lebih dari 10 juta di Play Store. Sementara untuk ulasannya sudah mencapai 125 ribuan dengan hasil yang positif. Angka ratingnya ada di 4,5 dari 5.

8. Bisa mengecek tingkat keamanan HP dan Wifi: KeepClean – Cleaner & Faster

KeepClean memiliki ukuran sekitar 21 MB di HP. Dengan ukuran yang tidak terlalu berat, fitur yang dimilikinya ternyata sangat lengkap.

Dengan KeepClean, Anda dapat membersihkan sampah, mempercepat kinerja HP, menghemat baterai, mendinginkan CPU, hingga manajemen aplikasi.

Yang menarik, KeepClean juga menyediakan fitur untuk menambah tingkat keamanan Anda dengan cara mendeteksi iklan tak penting di HP atau adanya kemungkinan pencurian data. APK ini juga bisa melakukan scanning terhadap Wifi publik.

Terlebih lagi, KeepClean juga dapat dipakai untuk membersihkan file secara mendalam. Mulai dari foto, audio, video, dan dokumen lainnya dengan cara menghapus dokumen tak penting dan back up file yang dirasa penting.

Aplikasi yang dapat dipasang pada Android bersistem operasi 4.4 ke atas ini memiliki bintang 4,8 dari total ulasan 400 ribuan.

9. Ada antivirus dan fitur lock file privat: iClean – Booster, Super Virus Cleaner, Master

Gambar: Fitur dan Tampilan iClean – Booster, Super Virus Cleaner, Master

iClean merupakan aplikasi dari Super Speed. Aplikasi cleaner ini kompatibel pada OS 4.4 ke atas. Ukurannya hanya sekitar 26 MB dan saat ini sudah diunduh lebih dari 10 juta kali.

Selain sebagai pembersih sampah, iClean juga dikenal sebagai penghapus virus yang andal. Beberapa fitur yang dimilikinya adalah phone booster, pembersih virus, App Lock, pembersih WA dan Line, pendingin CPU, penghemat baterai, hingga personalisasi notifikasi.

Yang menarik, di sini juga tersedia opsi untuk mengunci beberapa file privat.

Itulah beberapa aplikasi cleaner yang dapat Anda masukkan dalam daftar pilihan. Sekarang, selamat menentukan pilihan Anda sesuai kebutuhan.

Tagged in:
,

About the Author

Tim Jatimtech

Situs teknologi yang menyajikan ulasan, tips & trik aplikasi, rekomendasi produk dan berita terkini.

View All Articles