Proteksi HP Android Anda dari virus dan malware dengan memasang aplikasi antivirus terbaik. Aplikasinya gratis dan dilengkapi dengan fitur-fitur keamanan untuk smartphone Android Anda.

 

Rekomendasi Antivirus dan Antimalware Android Terbaik

Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan beberapa review sekaligus rekomendasi aplikasinya. Selamat menyimak dan memilih yang paling baik.

1. Aplikasi antivirus HP terbaik yang lengkap dan ringan: AVG AntiVirus 2021 – Free Mobile Security

Gambar: Tampilan dan fitur AVG AntiVirus 2021 Free Mobile Security

AVG merupakan salah satu anti virus yang sudah terkenal sejak lama. Jika Anda dari dulu menggunakan AVG untuk melindungi laptop atau PC dari virus, maka sekarang saatnya memasangnya ke smartphone Anda.

Aplikasi besutan AVG mobile ini gratis dan memiliki fitur-fitur yang kece. Anda dapat menggunakan aplikasinya untuk:

  • Melakukan scanning pada apps, games, wifi network, website dll.
  • VPN protection.
  • Mempercepat kinerja HP dengan menutup aplikasi yang sifatnya memperlambat kinerja smartphone.
  • Menyembunyikan foto privat.
  • Melakukan scanning secara real time.
  • Menemukan HP Anda yang hilang melalui Google Maps.
  • APP Lock, dll.

Dengan fitur selengkap di atas, AVG memiliki ukuran yang cenderung ringan. Anda hanya perlu menyediakan ruang sekitar 34 MB untuk menginstalnya.

AVG juga sudah dipercaya sebanyak 100 juta lebih pengguna dengan bintang 4,7 dari total ulasan sebanyak 7 jutaan di Google Play Store. Sayangnya, APK ini hanya kompatibel di Android bersistem operasi 5.0 ke atas.

2. Antivirus Android terbaik dan ringan untuk semua OS: Safe Security – Antivirus, Booster, Phone Cleaner

Gambar: Tampilan dan fitur Safe Security Antivirus Booster Phone Cleaner

App besutan Safe Security Develop ini memiliki banyak sekali fitur yang menguntungkan. Di antaranya adalah speed booster, real time protection, intruder selfie, wifi security, pengaturan notifikasi, filter SMS dan panggilan, pembersih file-file sampah, fingerprint lock, app lock, dll.

Dengan kelengkapan fitur di atas, Safe Security memiliki ukuran yang sangat ringan, yakni 26 MB saja. Selain itu, dia juga dapat dipasang pada Android bersistem operasi 4.1 ke atas.

Total unduhan Safe Security kini mencapai 100 jutaan lebih dengan review pengguna sebanyak 16 juta lebih. Dari ulasan tersebut, bintang yang dia terima adalah 4,6.

3. Antivirus terbaik lindungi dari berbagai jenis virus: Avast Antivirus – Mobile Security & Virus Cleaner

Gambar: Tampilan dan fitur Avast Antivirus – Mobile Security Virus Cleaner

Avast Software mengeluarkan aplikasi antivirus untuk memproteksi HP Anda dari virus secara gratis. APK ini diklaim sebagai anti virus terpercaya bagi sebagian besar pengguna Android.

Fitur yang dimilikinya adalah mesin anti virus, app lock, anti pencurian, VPN, RAM boost, pembersih file sampah, pengaman wifi, web shield, pembersih virus, pelindung foto, dan tes kecepatan wifi.

Anda juga akan mendapatkan notifikasi atau peringatan pada saat ada spyware atau adware yang masuk ke smartphone.

Yang menarik, ketika HP Anda dicuri orang. Di sini ada fitur camera trap yang memungkinkan HP untuk mengambil gambar dari si pencuri.

Avast Anti virus sudah dipercaya oleh 100 jutaan pengguna secara global. Dari total unduhan tersebut, dia mendapatkan bintang 4,7 dari 6 jutaan ulasan. Anda dapat memasangnya pada HP bersistem operasi OS 5.0 dengan menyediakan ruang 34 MB.

4. Aman dari virus, pencurian HP, dan data: Kaspersky Mobile Antivirus – AppLock & Web Security

Gambar: Kelebihan dan fitur Kaspersky Mobile Antivirus AppLock Web Security

Kaspersky menawarkan sejumlah fitur seperti proteksi dari virus, cek background secara real time, penemuan HP yang hilang, proteksi atas pencurian data, App Lock, Web filter, hingga pengamanan atas data atau informasi finansial.

Kaspersky telah dipercaya oleh lebih dari 50 juta orang dengan ulasan sebanyak 3,4 jutaan. Mayoritas pengguna memberikan ulasan positif dengan rata-rata bintang 4,8.

Yang menarik, aplikasinya dapat digunakan pada beragam perangkat dengan ukuran yang bervariasi tergantung perangkatnya, termasuk tablet.

5. Bikin baterai lebih hemat: One Booster – Antivirus, Booster, Phone Cleaner

Gambar: Tampilan dan fitur One Booster Antivirus Booster Phone Cleaner

One Booster memiliki banyak fitur yang cukup mengesankan. Salah satunya adalah mampu menghemat daya baterai dengan sangat baik.

Selain itu, beberapa fitur yang sudah melekat padanya adalah memproteksi dari virus, menghilangkan file sampah, mempercepat performa HP Android, hingga mendinginkan CPU.

Semua hal tersebut dapat dilakukan dengan cepat dan mudah sebab tampilannya sangat sederhana dan cocok buat pemula.

Jumlah instalasi One Booster mencapai angka 50 jutaan dengan total ulasannya sebanyak 700 ribuan. Rata-rata bintangnya adalah 4,7. Ukurannya sangat kecil, yakni sekitar 23 MB dan dapat dipasang pada Android 5.0 ke atas.

6. Bisa optimasi sistem: Avira Antivirus 2020, Virus Cleaner & VPN

Selain AVG, anti virus lain yang sudah populer dari dulu adalah Avira. Sesuai dengan namanya, aplikasi ini memiliki fitur pembersih virus hingga VPN. Semuanya free atau gratis.

Dengan Avira, Anda bisa mendapatkan scanner sekaligus cleaner yang dapat bekerja dengan cepat. Selain itu, tersedia juga system optimizer, fast VPN, proteksi identitas, App Lock, Phone locator & tracker, hingga network scanner.

Yang menarik, secara rinci Avira juga menyatakan mampu memerangi Ransomware, Adware, hingga Spyware. Dia juga dilengkapi dengan disk scanner dan memory optimizer.

Avira mendapatkan unduhan 10 jutaan kali dengan ulasan 500 ribuan. Dari review tersebut, dia mendapatkan rata-rata bintang 4,5. Sayangnya, Anda hanya bisa memasangnya pada Android OS 6.0 ke atas dengan ruang sekitar 40 MB.

7. Aplikasi antivirus super ringan: Antivirus & Virus Cleaner, Applock, Clean, Booster

Jika Anda mencari scanner yang sangat ringan, maka pilihannya adalah Antivirus & Virus Cleaner dari TAPI Security Labs ini. Untuk memasangnya, Anda cukup menyediakan ruang sekitar 12 MB saja dan kompatibel pada OS 4.4 ke atas.

Jumlah unduhannya kini sudah ada sekitar 10 jutaan lebih dengan rata-rata bintangnya 4,7 dari ulasan sebanyak 680 ribuan.

Fitur-fitur yang tersedia di dalamnya di antaranya adalah anti virus gratis, booster kecepatan HP, password applock, hingga proteksi Wifi. Di sini juga ada fitur penghapus file-file sampah yang kemudian akan mempercepat kinerja Android.

8. Aplikasi ringan yang bisa mendinginkan HP: Virus Cleaner – Antivirus Free & Phone Cleaner

Gambar: Fitur Virus Cleaner Antivirus Free Phone Cleaner

Untuk menggunakan APK yang sudah diunduh 10 jutaan kali ini, Anda hanya perlu menyediakan ruang sebesar 14 MB. Cukup ringan dan tidak memberatkan kinerja HP.

Fiturnya tergolong lengkap karena selain bisa menghapus virus, apps ini juga dapat menghemat baterai dan mengatasi masalah smartphone yang panas.

9. Proteksi real time dan bisa blokir notifikasi mengganggu: Super Security – Antivirus, Applock, Virus Cleaner

Gambar: Tampilan dan fitur Super Security – Antivirus AppLock Virus Cleaner

Super Security juga hanya memiliki ukuran 14 MB dengan total unduhan mencapai 5 jutaan. Fiturnya cukup lengkap seperti proteksi real time, applock, anti virus, cleaner, booster, wifi security, hingga pengatur notifikasi yang memungkinkan Anda untuk memblokir notifikasi tak penting yang memberatkan HP Anda.

10. Deteksi virus cepat dengan alarm anti pencuri: Go Security – Antivirus, AppLock, Booster

Go Security memiliki fitur-fitur dasar sebagaimana aplikasi antivirus lainnya. Ukurannya hanya 18 MB dan dapat dipasang pada HP ber-OS 4.1.

Di antara fitur menariknya adalah deteksi virusnya cepat dan real time. Selain itu, apabila Anda mengaktifkan alarm HP untuk pencurian, maka aplikasi ini akan mengenali pergerakan pencuri saat ada yang mengambil smartphone tanpa sepengetahuan Anda.

Terakhir, aplikasi antivirus di atas memang kebanyakan memiliki fitur-fitur yang mirip. Hanya saja beberapa dilengkapi dengan VPN yang membuat Anda tak perlu mengunduh aplikasi VPN lagi.

Tagged in:
,

About the Author

Tim Jatimtech

Situs teknologi yang menyajikan ulasan, tips & trik aplikasi, rekomendasi produk dan berita terkini.

View All Articles