Ketika mengirim pesan di WhatsApp, namun tidak kunjung menerima balasan atau hanya centang satu, mungkin Anda mengira nomor Anda telah diblokir. Tidak ada notifikasi khusus yang muncul, tetapi ada cara untuk mengetahui nomor WhatsApp kita diblokir.

 

1. Lihat info “Terakhir dilihat” di obrolan dengan kontak tersebut

Hal pertama yang bisa lakukan adalah membuka obrolan di WhatsApp. Kemudian lihat detail kontak di bagian atas. Jika Anda tidak bisa melihat info “Terakhir dilihat / Last seen” bisa jadi nomormu diblokir.

Meskipun begitu, hilangnya info “Terakhir dilihat” tidak menjamin nomor Anda diblokir. Bisa jadi orang yang Anda kirimi pesan hanya menyembunyikan info terakhir dilihat WhatsApp.

2. Lihat foto profil WhatsApp kontak tersebut

Jika seseorang memblokir nomormu, foto profil mereka tidak akan terlihat. Hanya menampilkan avatar flat kontak saja. Bila Anda tidak bisa melihat foto profil mereka, kemungkinan Anda telah diblokir.

3. Mengirim chat kontak tersebut

Ketika  Anda diblokir, chat yang Anda kirim ke mereka hanya akan menampilkan satu centang. Ini artinya, chat itu hanya terkirim saja, tidak terkirim ke penerima.

Normalnya, ketika chat sukses terkirim ke penerima maka akan muncul tanda 2 centang abu-abu. Kemudian 2 centang berubah menjadi biru ketika chat telah dibaca.

4. Menelpon nomor kontak tersebut

Ketika nomor WhatsAppmu diblokir, dapat dipastikan Anda tidak akan bisa menghubungi nomor yang bersangkutan.

5. Buat grup WhatsApp dengan kontak tersebut

Perlu diperhatikan, keempat cara diatas bisa terjadi karena masalah koneksi internet. Karena itulah belum benar-benar memastikan kalau Anda diblokir.

Anda bisa mencoba cara pamungkas, coba buat grub WhatsApp dengan kontak tersebut. Jika muncul pesan “Anda tidak diizinkan menambahkan kontak ini”, maka bisa dipastikan Anda memang diblokir orang tersebut.

Tagged in:

About the Author

Putra Jatmika

Putra Jatmika adalah penulis di Jatimtech yang menulis topik tentang teknologi dan tutorial aplikasi yang membantu membuat hidup orang lebih mudah.

View All Articles