Home » Tech News » Cara Mengatasi Ransomware WannaCry yang Mengunci File di Laptop

Cara Mengatasi Ransomware WannaCry yang Mengunci File di Laptop

Cara Mengatasi Ransomware WannaCry
Cara Mengatasi Ransomware WannaCry via heimdalsecurity.com

Malware ganas Ransomware WannaCry telah menimbulkan keresahan di berbagai belahan dunia. Di Indonesia sendiri, Malware Ransomware WannaCry sudah menyerang dua rumah sakit, RS Dharmais dan RS Harapan Kita. Meskipun begitu, Anda tidak perlu terlalu panik karena anda beberapa cara untuk mencegah atau mengatasi ransomware yang mengunci file di laptop atau komputer Anda.

Dihimpun dari Liputan6.com (15/5/17), berikut ini cara mengatasi Ransomware WannaCry agar tidak mengjangkiti komputer Windows.

Cara Mengatasi Ransomware WannaCry

1. Tidak menggunakan jaringan internet, dengan mencabut kabel LAN serta menonaktifkan koneksi Wi-Fi
2. Jangan menggunakan Macros dan SMB Service, plus aktifkan pula Firewall block di port 139, 445, 3389.
3. Segera download dan pasang Tools dan Security Patch dari komputer lain, lalu simpan di memori penyimpanan lain seperti di flashdisk atau memori card.
4. Pasang file Install Tools dan Security Patch yang sudah didownload tadi ke komputer yang terinfeksi Ransomware.
5. Lakukan full scan antivirus dengan fitur Total Security yang terbaru.
6. Jangan lupa juga lakukan backup data penting ke media penyimpanan lain/ memori yang aman dan bersih (tidak terinfeksi)/ flashdisk/harddisk/kartu memori/CD/DVD.
7. Anda bisa menghubungi nomor telepon 021 31925551, 021 31935556 (nomor ID-SIRTII), atau menuju nomoreransom.org untuk panduan dan jika ada kesulitan lain.

Instansi Pemerintahan

Bagi Anda yang bekerja di kantor pemerintahan atau menggunakan komputer di jaringan bersama, ada baiknya melakukan langkah-langkah pencegahan atau antisipasi. Hal ini karena malware Ransomware WannaCry ini tidak terlihat secara langsung ketika menginfeksi sebuah komputer.

Windows XP, Windows Vista, dan Windows 7

Apalagi jika Anda menggunakan versi Windows 2010 kebawah, seperti Windows XP, Windows Vista, dan Windows 7. Anda harus lebih waspada dan harus melakukan beberapa langkah antisipasi agar virus ransomware wanna cry ini tidak mengambil alih file Anda.

Have your say!

0 0

1 Comment

  1. bos lagi rame neh virus komputer Ransomware dan Virus Wanna Cry trend di google, kita mah nyimak aja untuk update informasinya mengenai virus komputer ini.
    salam kenal om admin
    hammerofthorr.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>