Home » Tech News » Apa itu Ransomware WannaCry, yang Mendadak Viral di Indonesia?

Apa itu Ransomware WannaCry, yang Mendadak Viral di Indonesia?

Apa-Itu-Ransomware
Apa Itu Ransomware (Gambar : Tech Net Blogs)

Serangan Ransomware mendadak menjadi viral di Indonesia. Wanna Cry Ransomware mulai menyerang sejumlah negara di dunia mulai hari Jumat kemarin. Sebanyak 99 negara ditetapkan terinfeksi Ransomware Wanna Cry, termasuk Indonesia, seperti dilansir dari DW (14/5/2017).

Ransomware

Sejumlah negara yang terinfeksi di antaranya adalah Amerika Serikat, Inggris, Spanyol, Italia, Tiongkok, Rusia, Taiwan dan Ukraina. Di mana, 3 negara terakhir menerima dampak paling buruk.

Apa Itu ransomware?

Ransomware adalah perangkat lunak perusak yang mengenkripsi file di komputer atau perangkat seluler yang terinfeksi. Virus ini mengunci komputer dan mencegah pengguna mengakses file, dokumen dan gambar sampai pembayaran dilakukan.

Komputer biasanya terinfeksi saat pengguna membuka tautan atau lampiran email dari pesan email berbahaya. Dikenal sebagai email phishing, pesan sering dikirim dari akun email yang disamarkan. Tujuannya, agar terlihat seperti berasal dari entitas yang dikenal atau dapat dipercaya. Hacker juga dapat menanam malware di situs web.

Lock Screen

Pengguna mungkin tidak langsung sadar bahwa komputer telah terinfeksi. Beberapa jenis ransomware menunjukkan “layar kunci” yang memberitahukan pengguna bahwa file mereka telah dienkripsi. Lock Screen tersebut menuntut pembayaran untuk membuka kunci file.

Meskipun demikan, instansi penegak hukum menyarankan agar tidak membayarkan uang tebusan. Mereka mengatakan bahwa pembayaran mendorong hacker kriminal. Ditegaskan pula bahwa tidak ada jaminan setelah pembayaran akses ke file akan dipulihkan.

Oleh karena itu, berhati-hatilah sebelum mengklik link email dari sumber yang tidak diketahui. Sobat juga harus menginstal pembaruan keamanan pada komputer dan membuat cadangan file jika terjadi serangan.

Wanna Crypt

Serangan pada hari Jumat kemarin menargetkan kerentanan yang diketahui pada sistem operasi Windows. Microsoft mengatakan bahwa mereka merilis update Windows untuk melindungi pengguna terhadap serangan. Namun ternyata, tidak semua orang memasangnya.

Ransomware Indonesia

Di Indonesia sendiri, dua Rumah Sakit di Jakarta telah terkena serangan Wanna Cry. Mereka adalah RS Dharmais dan RS Harapan Kita.

kominfo-semuel-pangerapan

Semuel Pangerapan (Gambar : Viva Co Id)

KOMINFO

Hal ini ditegaskan oleh Semuel Pangerapan, direktur jenderal Kementerian Komunikasi dan Informasi Indonesia. “Upaya pelokalan server yang terinfeksi sedang dilakukan untuk mencegah penyebaran peralatan perang tersebut.” Beliau juga menegaskan bahwa KOMINFO telah bekerja dengan pihak berwenang lainnya. Termasuk Kementerian Kesehatan untuk memecahkan masalah tersebut.

Pilihan Editor: Cara mengatasi Ransomware WannaCry yang meminta tebusan

Written by
Songwriter yang merangkap sebagai content writer. Baru menjajaki dunia blogging. Merupakan pribadi yang memiliki "a sense of humor" yang cukup baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>