Home » Sains » Toilet Khusus yang Bisa Mengubah Urin Menjadi Listrik

Toilet Khusus yang Bisa Mengubah Urin Menjadi Listrik

toilet-khusus-yang-bisa-mengubah-urin-menjadi-listrik
pee power toilet (gambar : upi)

Beberapa hari yang lalu, para peneliti dari UWE (University of the West of England) Bristol, atau bisa disingkat UWE Bristol mengumumkan hasil temuan terbarunya. Mereka baru saja melaunching toilet khusus yang bisa mengubah urin menjadi listrik.

Memang bukan suatu hal baru jika urin manusia dijadikan suatu hal yang berguna. Terutama untuk kesejahteraan hidup manusia dan menciptakan lingkungan menjadi lebih baik.

Mungkin ada yang belum pernah mendengar jika urin bisa dirubah menjadi mesiu. Seorang alkemis pernah menyuling fosfor dengan urin menjadi mesiu, itu sudah lama terjadi dan telah dilakukan selama berabad-abad.

Alkemis adalah orang yang bisa merubah sesuatu dari ketiadaan. Artinya dia dapat mengubah suatu benda yang awalnya tidak berguna menjadi berdaya guna. Bahkan benda yang dianggap sampah pun bisa dijadikan benda bernilai.

Dengan adanya toilet khusus yang bisa mengubah urin menjadi listrik. Diharapkan dapat membantu sejumlah masalah yang dihadapi saat ini. Seperti, kurangnya pasokan sumber daya listrik. Dan juga membantu mengurangi permasalahan limbah. Dalam hal ini adalah limbah urin yang bisa menyebabkan polusi.

Toilet ini menggunakan satu set MFC (microbial fuel cell) yang dipadukan dengan urin manusia. Hingga akhirnya proses tersebut dapat menghasilkan energi yang bisa menyalakan listrik. Ini hanyalah cara kerja sederhana dari toilet unik ini

Listrik ini nantinya akan digunakan untuk menyalakan lampu yang berada di tempat pengungsian, yang tersebar di berbagai belahan dunia. Seperti tenda pengungsian korban perang, bencana alam dan korban pengungsian lainnya.

Para peneliti UWE Bristol terinspirasi dari temuan yang menghebohkan di tahun 2013. Dimana pada saat itu mereka berhasil menyalakan ponsel dari listrik yang dihasilkan MFC.

Di tahun ini mereka mencoba memadukannya dengan urin. Dimana mereka menjalin kerja sama dengan Oxfam, suatu oraganisasi nirlaba dari Inggris yang berfokus pada pembangunan penanggulangan bencana dan advokasi. Organisasi yang sudah berdiri sejak 1942 di Oxford ini berdedikasi untuk memerangi kemiskinan dan ketidakadilan di seluruh dunia.

“Pee-power toliet” adalah sebutan untuk toilet khusus yang bisa mengubah urin menjadi listrik. Dengan biaya bahan bakar MFC yang relatif murah untuk satu toilet, yaitu Rp 20.000. Dan untuk biaya produksi toilet berdayaguna ini adalah  Rp 11 juta .Seperti yang dilansir di halaman resmi UWE Bristol (3/5/2015)

Sumber: GizMag

Written by
Songwriter yang merangkap sebagai content writer. Baru menjajaki dunia blogging. Merupakan pribadi yang memiliki "a sense of humor" yang cukup baik.

Have your say!

0 0

Lost Password

Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.

Lewat ke baris perkakas