Home » Tech News » Ternyata Fotosintesis di Zaman Dahulu Dengan di Zaman Sekarang Beda

Ternyata Fotosintesis di Zaman Dahulu Dengan di Zaman Sekarang Beda

Ternyata Fotosintesis di Zaman Dahulu Dengan di Zaman Sekarang (Gambar: Sciencedaily)
Ternyata Fotosintesis di Zaman Dahulu Dengan di Zaman Sekarang (Gambar: Sciencedaily)

JATIMTECH.com – Fotosintesis adalah suatu proses di mana tanaman, alga dan cyanobacteria menggunakan energi matahari untuk membuat gula dari air dan karbon dioksida.

Sebuah studi baru menunjukkan bahwa terdapat perbedaan fotosintesis di zaman dahulu dengan fotosintesis di zaman sekarang, yang mana sekitar lebih dari 3,5 miliar tahun yang lalu bakteri berfotosintesis dengan sangat primitif.

Di zaman dahulu mereka berfotosintesis dengan cara yang sangat primitif yang mana dikenal sebagai fotosintesis anoksigenik. Pada bentuk fotosintesis demikian, bakteri menggunakan molekul seperti hidrogen, hidrogen sulfida, atau besi sebagai bahan bakar, bukannya air.

Beberapa peneliti juga berasumsi kalau di zaman sekarang masih ada bakteri yang menggunakan fotosintesis anoksigenik, dan mereka masih dalam berevolusi ke kemampuan yang lebih modern dengan cara transfer gen horizontal, dilansir dari, Sciencedaily, Selasa (15/03/2016).

Analisis yang diungkapkan Dr Cardona menunjukkan bahwa fotosintesis anoksigenik sebenarnya mempunyai kemampuan seperti halnya kelompok bakteri modern, hal ini tergambar dari penemuannya akan kondisi fotosintesis anoksigenik yang sudah ada sejak sebelum terdiversifikasi bakteri ke dalam kelompok yang sekarang ini.

Tidak hanya itu, dari penemuan ini juga mengungkap kalau fotosintesis dengan menggunakan oksigen dapat menyebabkan kepunahan beberapa kelompok bakteri yang awalnya mampu berfotosintesis secara anoksigenik.

Have your say!

0 0