Home » Review » Spesifikasi Harga » Spesifikasi, Review, dan Harga Blackberry DTEK60

Spesifikasi, Review, dan Harga Blackberry DTEK60

Spesifikasi Blackberry DTEK60

Banyak kalangan yang mengatakan bahwa Blackberry adalah smartphone dengan tingkat keamanan terbaik. Bahkan, Barack Obama sempat menjadi pengguna setia Blackberry 8830 selama beberapa tahun. Sayangnya, pada pertengahan tahun 2016 lalu, dia mengumumkan telah berhenti menggunakan perangkat Blackberry. Lantas, sekarang Barack Obama memakai smartphone merek apa?

Seperti dugaan yang disampaikan oleh Sammobile, Barack Obama dikabarkan menggunakan smartphone Samsung Galaxy S4 dengan teknologi keamanan yang telah ditingkatkan. Smartphone tersebut diklaim telah diperkuat dengan beberapa fitur keamanan canggih.

Hebatnya lagi, Samsung Galaxy S4 yang dipakai Barack Obama merupakan smartphone pertama yang disetujui untuk bisa terkoneksi dengan jaringan Gedung Putih. Tak hanya itu, Samsung Galaxy S4 merupakan satu-satunya perangkat mobile yang didukung oleh Defense Information Systems Agency.

Kendati demikian, Barack Obama masih belum puas dengan smartphone yang dia gunakan. Pasalnya, sebagian besar fitur utama yang terdapat pada smartphone tersebut dihilangkan dengan alasan keamanan. Fitur yang dihilangkan di antaranya, fungsi bertelepon, SMS, kamera, dan pemutar lagu.

Nah, itulah sedikit cerita tentang smartphone dengan tingkat keamanan tinggi yang pernah digunakan oleh Barack Obama. Sekarang, muncul smarphone terbaru yang juga mempunyai sistem keamanan tertinggi dan spesifikasi mumpuni, yaitu Blackberry DTEK60.

  • Dimensi: 153.9 x 75.4 x 7 mm dan berat 165 gram
  • Layar: AMOLED 5.5 inci resolusi 1440 x 2560 piksel QHD, 534 PPI
  • Chipset: Qualcomm MSM8996 Snapdragon 820 Quad-core (2×2.15 GHz Kryo & 2×1.6 GHz Kryo)
  • Prosesor grafis: Adreno 530
  • Memori internal: RAM 4GB, memori 32GB
  • Memori eksternal: MicroSD hingga 2TB
  • Kamera belakang: 21MP, f/ 2.0, PDAF, dual flash LED
  • Kamera depan: 8MP, f/ 2.2
  • Jaringan: 4G LTE, HSDPA, GSM, EDGE
  • Baterai: 3.000mAh dengan fitur fast charging Quick Charge 3.0
  • Sensor: Sensor sidik jari, accelerometer, gyro, proximity, kompas
  • USB: Tipe C 1.0, USB OTG
  • OS: Android 6.0 Marshmallow

Review Blackberry DTEK60

Kelebihan

Blackberry DTEK60 adalah smartphone Android teraman di dunia. Smartphone ini dilengkapi aplikasi DTEK dari Blackberry yang mampu mengontrol sistem keamanan dan privasi pengguna. Dengan begitu, pengguna tidak perlu khawatir terhadap tindakan kejahatan, seperti pencurian informasi bank, malware, dan data yang didownload dari internet. Sebab, semuanya dipastikan aman oleh aplikasi DTEK by Blackberry.

Pengguna sendiri dapat memantau status keamanan perangkat dari aplikasi DTEK. Bila terdapat gangguan yang mencurigakan, aplikasi DTEK akan memberitahukan kepada pengguna. Gangguan yang mencurigakan tersebut seperti pengambilan gambar dan video tanpa sepengetahuan pengguna, mengaktifkan microphone, mengirim pesan, dan mengakses kontak atau mengakses perangkat dari lokasi lain.

Tak hanya aplikasi DTEK, sensor sidik jari di Blackberry DTEK60 juga berfungsi untuk meningkatkan keamanan. User dapat memakai sensor sidik jari tersebut untuk membuka penguncian smartphone, mengakses password, melakukan pembelian, dan pembayaran melalui Android Pay. Fitur keamanan lainnya, enkripsi gambar atau info bank ketika smartphone dicuri, dan tambahan password.

Selain itu, sejumlah fitur di Blackberry juga mendapatkan peningkatan keamanan, di antaranya kernel Linux yang telah ditingkatkan keamanannya, penempatan layout lokasi memori secara random agar hacker sulit melakukan serangan cyber, Hardware Root of Trust yang telah diijeksi kunci cryptographic, verifikasi boot dan secure bootchain, serta FIPS 140-2 untuk pengamanan disk memori secara penuh menggunakan enkripsi.

Itu tadi hanya kelebihan Blackberry DTEK60 dari sisi teknologi keamanan, kini kami akan mengajak kamu untuk mengetahui lebih jauh tentang spesifikasi unggulan di Blackberry DTEK60.

Blackberry DTEK60 menggunakan layar kaca anti gores dengan lapisan Oleophobic untuk menghalangi noda bekas sentuhan tangan. Layar ini beresolusi tinggi Quad HD yang setara dengan standar HDTV.

Masuk ke sektor dapur pacu, Blackberry DTEK60 didukung Qualcomm Snapdragon 820 64-bit Quad-Core lengkap dengan RAM 4GB dan microSD hingga 2TB. Lalu, di bagian sumber daya, Blackberry DTEK60 didukung baterai berkapasitas 3.000mAh, dan fitur fast charging Quick Charge 3.0 yang dapat mengisi baterai 83 persen dalam waktu 30 menit.

Baterai Blackberry DTEK60 mampu bertahan hingga 14 hari dalam keadaan stand-by. Namun, kalau untuk penggunaan biasa (telepon, SMS, media sosial, game), baterai tersebut hanya dapat bertahan seharian.

Bagi yang suka fotografi, kamu harus mencoba kamera Blackberry DTEK60. Sebab, kamera belakangnya saja beresolusi 21MP dan kamera depan 8MP. Kamera belakang Blackberry DTEK60 didukung perekaman video 4K, PDAF, aperture f.20, 4x digital zoom, dan dual flash LED. Sementara kamera depan mampu mengambil gambar wide angle 84 derajat, video HD, flash, selfie panorama, dan video image stabilization.

Blackberry sendiri juga menambahkan beberapa aplikasi menarik, seperti BlackBerry Keyboard, BlackBerry Hub, BlackBerry Calendar, Contacts by BlackBerry, Notes by BlackBerry, Tasks by BlackBerry, BlackBerry Camera, BBM, DTEK by BlackBerry, BlackBerry Device Search, BlackBerry Launcher, BlackBerry Services, BlackBerry Help, BlackBerry Password Keeper, Microsoft exFAT Technology for BlackBerry, dan BlackBerry Content Transfer.

Kelemahan

Kira-kira apa kelemahan BlackBerry DTEK60? Dari pantauan kami, BlackBerry DTEK60 hanya tersedia dalam satu warna, yakni hitam. Jadi, pengguna yang menyukai warna lain, harus gigit jari dan membiasakan menggunakan smarphone warna hitam. Smartphone ini juga tidak dilengkapi dengan radio dan port infrared. Sehingga, kamu tidak akan bisa mendengarkan radio secara offline dan mengganti siaran TV menggunakan smartphone.

Alangkah lebih sempurna, jika BlackBerry DTEK60 juga mengadopsi fitur tahan air dan tahan banting. Semoga ke depannya, BlackBerry meluncurkan smartphone yang memiliki kemampuan tersebut.

Harga BlackBerry DTEK60

BlackBerry DTEK60 dibanderol seharga Rp 6,5 jutaan. Harga ini jauh lebih murah bila dibandingkan dengan harga iPhone 7, Google Pixel XL, Moto Z, dan HTC 10 yang dibanderol dengan kisaran harga Rp 9,3 juta hingga Rp 10,3 juta.

Kesimpulan

BlackBerry DTEK60 mempunyai kelebihan di sektor keamanan. Bahkan, BlackBerry DTEK60 diklaim sebagai smartphone Android teraman di dunia. Selain itu, smarphone ini juga dilengkapi dengan aplikasi-aplikasi berbasis bisnis yang sangat aman. Kami merekomendasikan BlackBerry DTEK60 digunakan untuk kalangan pemerintahan, pejabat terkait, petinggi di perkantoran, dan pebisnis. Untuk BlackBerry DTEK60, kami memberikan nilai 9,5 dari rentang 1-10.