Spesifikasi Xiaomi Mi Note 2

Akhir bulan Oktober lalu, Xiaomi Mi Note 2 secara resmi diluncurkan ke publik. Smartphone ini langsung gempar karena mempunyai desain yang mirip dengan Samsung Galaxy Note 7. Kemiripan keduanya bisa dilihat mulai dari tampilan layar lengkung hingga ukuran layar. Untungnya, kemiripan tersebut tidak diikuti nasib malang (mudah meledak) yang menimpa Samsung Galaxy Note 7.

Bahkan, Xiaomi Mi Note 2 tampil lebih mencolok ketimbang Samsung Galaxy Note 7. Secara garis besar, spesifikasi Xiaomi Mi Note 2 memang lebih bagus dari Samsung Galaxy Note 7. Hal ini terlihat jelas, terutama pada sektor kamera, performa, dan baterai. Lebih lengkapnya, kamu bisa mengecek sendiri spesifikasi Xiaomi Mi Note 2 berikut:

  • Dimensi: 156.2 x 77.3 x 7.6 mm dan berat 166 gram
  • Layar: AMOLED berukuran 5.7 inci resolusi 1080 x 1920 piksel
  • Chipset: Qualcomm MSM8996 Snapdragon 821 Quad-core (2×2.35 GHz Kryo & 2×1.6 GHz Kryo)
  • Prosesor grafis: Adreno 530
  • Memori internal: RAM 4GB dan 6GB, memori 64GB dan 128GB
  • Memori eksternal: Tidak ada
  • Kamera belakang: 22.5MP, f/ 2.0, EIS, PDAF, dual flash LED
  • Kamera depan: 8MP, f/ 2.0, autofocus
  • SIM: Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
  • Jaringan: 4G LTE, HSDPA, GSM, EDGE
  • Baterai: 4.070mAh dengan fitur fast charging Quick Charge 3.0
  • Sensor: Sensor sidik jari, accelerometer, gyro, proximity, kompas, barometer
  • USB: Tipe C 1.0
  • OS: Android 6.0 Marshmallow

Review Xiaomi Mi Note 2

Kelebihan

Mari membahas kelebihan Xiaomi Mi Note 2 mulai dari desainnya dulu. Untuk masalah desain, jangan ditanya lagi, Xiaomi Mi Note 2 memiliki desain layar dual curved, lapisan kaca 3D pada bagian depan dan belakang, serta frame Aerospace grade 7. Intinya, desain Xiaomi Mi Note 2 sangat nyaman dipandang dan digenggam.

Beberapa pelanggan yang telah menggunakan Xiaomi Mi Note 2 juga mengatakan demikian. Bahkan, mereka selalu memuji-muji keunggulan dari Xiaomi Mi Note 2, terutama untuk kecepatan performa dan kamera.

Semua itu memang benar, jika performa Xiaomi Mi Note 2 dibandingkan dengan Samsung Galaxy S7 dan Google Pixel XL melalui uji benchmark Geek Bench, maka yang terbaik tetap Xiaomi Mi Note 2. Skor Xiaomi Mi Note 2 di Geek Bench untuk single core 1828 poin dan multi-core 4039 poin. Sementara, Samsung Galaxy S7 memiliki skor 1589 poin dan 3795 poin serta Google Pixel XL 1607 poin dan 4147 poin.

Bagian dapur pacu Xiaomi Mi Note 2 dibuat lebih garang dengan chipset Qualcomm MSM8996 Snapdragon 821 dan prosesor Quad-core. Ditambah lagi, dua varian RAM 4GB dan 6GB yang menjadikan Xiaomi Mi Note 2 semakin kencang.

Masuk ke spesifikasi kamera, Xiaomi Mi Note 2 terbilang beruntung karena telah mengadopsi sensor kamera belakang Sony IMX 318 beresolusi 22.5MP dan kamera depan 8MP. Menariknya lagi, kamera belakangnya sudah mendukung (EIS) Electronic Image Stabilization untuk meminimalisir pengambilan gambar blur.

Xiaomi Mi Note 2 juga mempunyai kapasitas baterai yang besar, yakni 4.070mAh lengkap dengan fitur fast charging Quick Charge 3.0 yang mampu mengisi daya baterai hingga 83 persen dalam waktu 30 menit.

Sangat cepat bukan? Selain cepat, penggunaannya juga hemat. Salah satu pelanggan Xiaomi Mi Note 2 menuturkan bahwa smartphone tersebut hanya berkurang 25 persen saat digunakan selama 12 jam. Dalam kasus ini, pelanggan hanya menyalakan layar Xiaomi Mi Note 2 kurang lebih selama 5 jam.

Satu lagi yang menarik dari Xiaomi Mi Note 2, yaitu fitur penyimpanan kedua. Ini seperti sebuah smartphone yang memiliki dua partisi berbeda satu sama lain. Dengan begitu, pengguna memungkinkan mempunyai dua penyimpanan untuk hal pribadi dan konsumsi publik. Bahkan, pengguna juga diperbolehkan memiliki dua akun Google Play serta dua akun semua media sosial dalam satu smartphone.

Kelemahan

Meski Xiaomi Mi Note 2 mempunyai sensor kamera yang mumpuni, tapi saat diuji coba ternyata hasilnya kurang memuaskan. Terlebih, bila hasil kamera tersebut dibandingkan dengan kamera belakang milik Samsung Galaxy S7 Edge yang hanya mempunyai resolusi 12MP.

Hasil jepretan kamera Xiaomi Mi Note 2 terlihat lebih gelap dari Samsung Galaxy S7 Edge. Padahal, resolusi kamera Xiaomi Mi Note 2 lebih tinggi dari Samsung Galaxy S7 Edge. Lalu, mengapa hal ini bisa terjadi?

Hasil jepretan Xiaomi Mi Note 2 (kiri) dan Samsung Galaxy S7 Edge (kanan)
Hasil jepretan Xiaomi Mi Note 2 (kiri) dan Samsung Galaxy S7 Edge (kanan)

Setelah kami mengamati dengan saksama, hasil jepretan Samsung Galaxy S7 Edge lebih bagus karena perangkat tersebut memiliki teknologi (OIS) Optical Image Stabilization seperti kamera DSLR dan aperture f/ 1.7.

Teknologi OIS (Optical Image Stabilization) mendukung pergerakan lensa (hardware) untuk mengompensasi gerakan tangan atau getaran. Jadi, gambar asli tidak blur. Sedangkan, EIS (Electronic Image Stabilization), lensanya tidak bergerak, namun prosesor berusaha memperbaiki gambar blur menggunakan software. Dengan begitu, gambar aslinya tetap terlihat sedikit blur.

Selain itu, angka aperture yang semakin kecil akan membuat bukaan lensa semakin besar. Jika bukaan lensa besar, maka gambar yang dibidik menjadi lebih jelas dan terang. Namun, apabila bukaan lensa kecil, maka hasil gambar cenderung lebih gelap.

Perbedaan hasil gambar ini mungkin juga dipengaruhi oleh resolusi layar kedua smartphone. Xiaomi Mi Note 2 menggunakan layar beresolusi Full HD, sementara Samsung Galaxy S7 Edge sudah Quad HD.

Sepertinya hanya itu kelemahan Xiaomi Mi Note 2. Kalau pun ada yang lain, mungkin bagian proteksi layarnya saja. Sebab, sampai sekarang belum diumumkan penggunaan proteksi layar pada Xiaomi Mi Note 2.

Harga Xiaomi Mi Note 2

Harga Xiaomi Mi Note 2 terbagi menjadi tiga varian harga, di mana penentuan harga didasarkan pada pilihan RAM dan ROM.

Harga Xiaomi Mi Note 2 dengan RAM 4GB + ROM 64GB adalah 2.799 Yuan, atau sekitar Rp 5,3 juta.

Harga Xiaomi Mi Note 2 dengan RAM 6GB + ROM 128GB adalah 3299 Yuan, atau sekitar Rp 6,3 juta.

Harga Xiaomi Mi Note 2 dengan RAM 6GB + ROM 128GB dan dukungan 37 Global LTE adalah 3499 Yuan, atau sekitar Rp 6,7 juta.

Kesimpulan

Xiaomi Mi Note 2 mempunyai desain yang elegan dan performa yang mumpuni. Walaupun ada sedikit kelemahan di bagian kamera, tetapi sesungguhnya Xiaomi Mi Note 2 sangat diunggulkan pada spesifikasi yang lain. Oleh karena itu, kami rela memberikan nilai 9 untuk Xiaomi Mi Note 2 (rentang nilai 1-10).