Home » Review » Spesifikasi Harga » Spesifikasi, Review, dan Harga Samsung Galaxy C9 Pro

Spesifikasi, Review, dan Harga Samsung Galaxy C9 Pro

Spesifikasi Samsung Galaxy C9 Pro

Belum hilang dari ingatan kita, sebulan yang lalu Samsung Galaxy C9 Pro telah dirilis di Tiongkok. Samsung Galaxy C9 Pro menjadi smartphone pertama Samsung yang mengadopsi RAM 6GB. Selain itu, Samsung Galaxy C9 Pro dinyatakan sebagai smartphone C series dengan layar terbesar. Memangnya seberapa besar layar Samsung Galaxy C9 Pro?

Sama seperti besaran angka kapasitas RAM yang dia miliki, Samsung Galaxy C9 Pro mempunyai layar berukuran 6 inci. Namun, sebenarnya Samsung Galaxy C9 Pro tidak layak disebut sebagai smartphone. Pasalnya, ukuran layar smartphone biasanya 5 inci atau lebih kecil dari itu. Sementara phablet memiliki ukuran layar antara 5 inci sampai 7 inci. Jadi, pada dasarnya Samsung Galaxy C9 Pro adalah sebuah phablet, bukan smartphone.

Meski begitu, hal ini tak perlu diperdebatkan karena kebanyakan orang sudah terbiasa menyebut perangkat Samsung sebagai smartphone. Jadi, entah itu layarnya kecil atau besar, pasti pengguna akan menyebutnya sebagai smartphone.

Dari tadi hanya membahas tentang ukuran layar, bagaimana kalau kita membahas tentang spesifikasi Samsung Galaxy C9 Pro. Berikut spesifikasinya:

  • Dimensi: 162.9 x 80.7 x 6.9 mm dan berat 189 gram
  • Layar: Super AMOLED berukuran 6 inci resolusi 1080 x 1920 piksel
  • Chipset: Qualcomm MSM8976 Snapdragon 653 Octa-core (4×1.95 GHz Cortex-A72 & 4×1.4 GHz Cortex-A53)
  • Prosesor grafis: Adreno 510
  • Memori internal: RAM 6GB, memori 64GB
  • Memori eksternal: microSD hingga 256GB
  • Kamera belakang: 16MP, f/ 1.9, PDAF, dual flash LED
  • Kamera depan: 16MP, f/ 1.9
  • SIM: Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
  • Jaringan: 4G LTE, HSDPA, GSM, EDGE
  • Baterai: 4.000mAh dengan fitur fast charging
  • Sensor: Sensor sidik jari, accelerometer, proximity, kompas
  • USB: Tipe C 1.0
  • OS: Android 6.0.1 Marshmallow

Review Samsung Galaxy C9 Pro

Kelebihan

Tadi kami sempat memperkenalkan kelebihan Samsung Galaxy C9 Pro pada sektor kapasitas RAM dan layar yang besar. Namun, jika dilihat dari spesifikasi di atas, sepertinya Samsung Galaxy C9 Pro memiliki kelebihan lain yang sangat mengagumkan, yakni kamera. Bagaimana tidak mengagumkan, sensor kamera bagian belakang dan depan Samsung Galaxy C9 Pro dibuat sama yaitu 16MP.

Walau sama, tetapi fitur yang dibawakan berbeda satu sama lain. Kamera belakang Samsung Galaxy C9 Pro mengusung sejumlah fitur yang lebih lengkap, di antaranya aperture f/ 1.9, PDAF, dan dual flash LED. Sementara, kamera depan Samsung Galaxy C9 Pro hanya aperture f/1.9 tanpa flash LED. Kendati demikian, pengguna masih bisa mengandalkan flash dari layar untuk membuat tampilan muka terlihat terang saat melakukan selfie.

Untuk performa bagaimana? Samsung Galaxy C9 Pro cukup bertenaga berkat chipset Qualcomm MSM8976 Snapdragon 653, prosesor Octa-core dan prosesor grafis Adreno 510. Spesifikasi seperti ini sudah mencukupi untuk penggunaan sehari-hari. Terlebih Samsung Galaxy C9 Pro telah didukung RAM 6GB yang mampu mengakomodasi beberapa aplikasi sekaligus.

Samsung Galaxy C9 Pro juga mendapatkan konektivitas yang lengkap, seperti Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, Bluetooth 4.2, Bluetooth A2DP, Bluetooth LE, NFC, GPS, radio, dan USB tipe-C.

Smartphone yang bodinya begitu tipis ini juga dibekali sebuah sensor pemindai sidik jari yang diletakkan di bagian tombol home. Apakah itu tidak terlalu kecil? Tenang, walau permukaan tombol home begitu kecil, tetapi sensor sidik jari milik Samsung Galaxy C9 Pro masih bisa memindai sidik jari kamu dengan cepat.

Terakhir, kelebihan Samsung Galaxy C9 Pro dapat dipastikan terletak pada bagian baterai. Soalnya, kapasitas baterai Samsung Galaxy C9 Pro mencapai 4.000mAh. Baterai sebesar ini dapat diisi ulang dayanya dengan cepat berkat adanya fitur fast charging.

Kelemahan

Samsung Galaxy C9 Pro terlahir dengan bodi yang sangat ramping, tak sampai 7 mm. Desain yang ramping ini bisa dikategorikan sebagai kelebihan maupun kelemahan. Mengapa kami mengatakan demikian? Sebab, bodi smartphone ramping enak dipandang mata dan nyaman saat dikantongi.

Namun, kalau bodi smartphone terlalu tipis juga bisa menjadi malapetaka. Pasalnya, jika kantong celana kamu terlalu ketat, bisa jadi bodi smartphone akan melengkung dan mungkin juga patah. Untungnya, hal itu sudah diwaspadai pihak Samsung. Mereka membuat Samsung Galaxy C9 Pro dengan material logam yang cukup tangguh dan tidak mudah melengkung. Meski begitu, kamu tetap harus berhati-hati.

Kelemahan lainnya terletak pada proteksi layar. Sampai saat ini, kami belum mengetahui proteksi layar yang digunakan oleh Samsung Galaxy C9 Pro. Jadi, kami simpulkan bahwa smartphone tersebut belum didukung pengaman layar. Oleh sebab itu, kamu harus menambahkan lapisan proteksi layar sendiri agar smartphone kamu aman dari goresan.

Yang cukup disayangkan lagi adalah penyediaan pilihan warna. Sepengetahuan kami, Samsung Galaxy C9 Pro hanya ditawarkan dalam dua pilihan warna yakni Gold dan Pink Gold. Semua warna tersebut termasuk warna feminin yang cocok untuk wanita, sementara warna maskulin yang cenderung gelap tidak disediakan untuk pengguna pria.

Harga Samsung Galaxy C9 Pro

Samsung Galaxy C9 Pro dijual seharga Rp 6,1 jutaan. Harga yang tidak terlalu mahal untuk kategori smartphone flagship. Sayangnya, kamu mungkin tidak akan bisa menemui smartphone tersebut di Indonesia karena Samsung belum menunjukkan tanda-tanda akan memasarkan Samsung Galaxy C9 Pro ke negara lain. Saat ini, pengguna hanya bisa mendapatkan Samsung Galaxy C9 Pro di negara Tiongkok saja.

Kesimpulan

Samsung Galaxy C9 Pro mempunyai beberapa kelebihan di sektor penyimpanan RAM, kamera, baterai, dan desain yang indah. Namun, kamu harus ingat bahwa desain Samsung Galaxy C9 Pro yang indah tadi tidak terlalu aman, terutama untuk bagian ketebalan bodi dan proteksi layar. Jadi, jika kami diminta untuk menilai Samsung Galaxy C9 Pro, maka kami akan memberikan nilai 8 dari rentang nilai 1-10.