Mempunyai akun Instagram bercentang biru atau Instagram verified blue tick adalah salah satu kebanggaan Instagrammer.  Terutama bagi mereka yang memanfaatkan akun Instagram untuk brand individu ataupun bisnis.

 

Sebut saja influencer, seniman, tokoh publik, selebgram, youtuber, tiktoker, dan online shop terverifikasi akun resmi.

Namun karena eksklusif, untuk mendapatkan centang biru ini sangatlah sulit.

Lalu bagaimana cara agar akun Instagrammu bisa diverifikasi dan mendapat centang biru?


Syarat resmi Verifikasi Instagram

Sebelum meminta verifikasi ke Instagram pastikan dulu Anda memenuhi syarat berikut ini.

  • Asli: Akunmu mewakili orang asli atau pelaku bisnis yang terdaftar.
  • Unik: Hanya satu akun centang biru per orang atau per pelaku bisnis yang bisa mendapatkannya. Instagram tidak akan memberikan centang biru untuk akun minat umum, seperti @videolucugokil.
  • Lengkap: Akun harus publik, memilki bio yang terisi lengkap, dan memiliki setidaknya satu postingan. Tidak boleh ada tautan ke media sosial lain.
  • Penting: Akunmu harus mempresentasikan orang yang benar-benar dikenal, brand, atau sesuatu yang sangat dicari. Instagram akan memverifikasi akun dari berbagai sumber berita. Konten berbayar tidak akan masuk dalam hitungan peninjauan pihak Instagram.

Nah, setelah syarat akun diatas sudah terpenuhi, selanjutnya Anda bisa meminta verifikasi lewat aplikasi Instagram. Berikut ini cara verifikasinya.

Cara Verifikasi Akun Instagram Agar Centang Biru

  • Buka aplikasi Instagram, kemudian masuk ke profil Anda, lalu klik menu di bagian pojok kanan atas.

  • Selanjutnya masuk ke menu Pengaturan yang terletak di paling bawah, dan pilih Akun.

  • Pilih Minta Verifikasi.

  • Isi formulir yang disediakan Instagram dengan benar dan lengkap.

  • Jangan lupa memilih kategori, untuk menspesifikasikan Instagrammu terfokus pada bidang apa.
  • Upload foto atau scan e-KTP milikmu. Setelah Anda selesai mengisi dan mengunggah foto e-KTP Anda Anda klik ‘Kirim’.
  • Setelah Anda kirim data tersebut, Anda harus menunggu terlebih dahulu. Karena pihak Instagram akan menilai apakah akun Instagrammu sudah layak diverifikasi atau belum.

Apa yang harus dilakukan agar mendapat centang biru di Instagram?

Jika Anda benar-benar ingin mendapatkan Instagram terverifikasi, Anda harus mengubah akunmu menjadi publik figur, selebriti, atau brand. Singkat kata, menjadikan dirimu/akunmu menjadi influencer.

1. Bangun follower dan interaksi

Tidak bisa dipungkiri, untuk menjadi terkenal di dunia maya adalah dengan menjadi seorang influencer. Namun menjadi seorang influencer, bukan sekedar memiliki pengikut yang banyak. Pastikan orang yang mengikuti akun Instagrammu memang benar-benar tertarik dengan konten yang Anda berikan.

Hal ini bisa terlihat dari interaksi follower dengan postingan dan Story yang Anda buat.

2. Gunakan hastag populer agar akunmu lebih dikenal

Salah satu cara postinganmu menjangkau banyak orang dengan memanfaatkan hastag yang sedang populer. Baik Instagram ataupun Twitter menyarankan hastag populer.

Anda bisa memanfaatkan situs pembuat hastag, seperti  hashtagify.me dan tagblender.net untuk mencari tagar Instagram yang sedang populer. Tentu saja, jangan asal comot, pastikan hastag yang Anda pilih sesuai dengan postingan yang Anda buat.

3. Manfaatkan sosial media lain

Agar Instagrammu makin dikenal, Anda bisa memanfaatkan sosial media lain untuk sarana promosi. Buat konten di berbagai sosial media populer, seperti Youtube, Facebook, Twitter, ataupun TikTok.

Dengan membuat berbagai sosial media, konten yang Anda buat akan menjangkau lebih banyak orang. Subscriber Youtube akan tahu jika Anda memiliki Instagram, follower Instagrammu bisa mengikuti kontenmu di TikTok, pengikutmu di TikTok bisa menyukai halaman Facebookmu, kurang lebih seperti itu.

Bukankah semakin banyak dikenal orang di dunia online menjadi impian seorang influencer?

4. Buat postingan Instagram dengan unsur personal

Tujuan Instagram memberikan centang biru adalah untuk menjamin akun Instagram bersangkutan benar-benar milik publik figur. Karena itulah di dalam konten yang Anda buat, berikan sentuhan personal.

Semisal Anda seorang musisi, Anda bisa membuat postingan ketika proses menulis lagu, rekaman, live music, atau ketika sedang menghadiri sebuah konser. Alih-alih mengunggah foto tentang makanan atau foto pemandangan yang tidak merepresentasikan siapa Anda.

5. Terbitkan postingan Instagram di jam-jam terbaik agar memperoleh interaksi maksimal

Agar mendapat engagement yang tinggi, postingan Anda harus bisa menjangkau banyak orang. Ini artinya, Anda seharusnya memosting konten baru di waktu orang-orang membuka Instagram mereka.

Jika konten yang Anda buat memang bagus, dan memberikan pengaruh, orang-orang akan dengan senang hati berinteraksi. Minimal dengan memberikan like.

Menurut studi yang diterbitkan Coschedule.com, berikut ini waktu terbaik untuk menerbitkan konten baru di sosial media:

Facebook

  • Waktu Terbaik: 9 pagi-10 pagi, 12 siang – 1 siang, 4 sore sampai 5 sore.
  • Hari Terbaik: Kamis, Jumat, Sabtu, Minggu.

Twitter

  • Waktu Terbaik: 8 pagi – 10 pagi, Siang hari, 7 malam – 9 malam.
  • Hari Terbaik: Sabtu dan Minggu.

LinkedIn

  • Waktu Terbaik: Siang hari
  • Hari Terbaik: Rabu

Kesimpulan

Perlu diingat, cara terbaik untuk mendapatkan centang biru di Instagram adalah membangun pengikut di platform lain. Jika Anda telah memiliki nama di platform lain, seperti blog, Twitter, Youtube, Facebook, dan yang lainnya akan memperlancar jalan ninjamu mendapatkan verifikasi Instagram.

Jika artikel cara verifikasi akun Instagram agar centang biru diatas bermanfaat, jangan lupa membagikan ke sosial mediamu, ya.

Tagged in: