Anda mungkin pernah bertanya-tanya, “siapa sih orang yang sering mengintip Instagramku?”.  Faktanya, Instagram tidak memiliki fitur untuk mengetahui siapa orang yang sering melihat profil kita atau melihat stalker Instagram. Bisa jadi kalau fitur tersebut ada, bermain Instagram tidak akan senyaman sekarang.

 

Kita ambil contoh seperti ini. Jika Instagram menyediakan fasilitas untuk bisa mengetahui siapa yang bisa melihat profil, tentunya Anda bisa membuka profil mereka juga. Dan sebaliknya, mereka yang profilnya Anda lihat, juga akan melakukan hal yang sama. Bukankah hal tersebut menjadikan Instagram menjadi aplikasi yang tidak nyaman lagi?

Jadi tidak adanya fitur siapa stalker Instagram kita, semata-mata untuk menjaga privasi para pengguna Instagram.

Melihat stalker mengunakan aplikasi pihak ketiga

Dikutip dari Mashable.com, aplikasi manapun yang mengklaim bisa menampilkan “pengagum rahasia” kemungkinan besar hanya menampilkan data akun pengguna secara acak. Bahkan nama yang muncul bisa berbeda setiap Anda membukanya. Hati-hati, bisa jadi aplikasi tersebut ingin mengambil informasi pribadimu.

Meski tidak semua aplikasi tersebut berbahaya, namun Anda tetap harus waspada. Menurut Businessinsider.com, Followmeter adalah aplikasi yang paling disukai pengguna Instagram untuk mendapatkan sedikit informasi seputar akunnya.

Meskipun tidak bisa melihat siapa stalker Instagram Anda, aplikasi ini bisa memberi tahu siapa yang “mengikuti” dan “berhenti mengikuti” akun Anda. Followmeter bisa memberikan informasi yang akurat. Jika Anda tidak percaya, Anda bisa memeriksanya secara manual.

Beralih ke akun Instagram Bisnis

Anda juga bisa mengunakan Instagram Bisnis untuk mengetahui siapa saja yang melihat profil Instagram Anda. Berbeda dengan akun personal. Akun bisnis memberikan beberapa “insight” tambahan. Seperti jumlah pengguna yang dijangkau, interaksi konten, dan berapa banyak orang yang mungkin telah menyimpan update an kontenmu.

Untuk mendapatkan akun Instagram bisnis, Anda tidak perlu repot-repot menguninstal Instagram lama, kemudian download dan menginstal Instagram yang baru. Untuk beralih ke akun Bisnis begini caranya:

  • Pergi ke Pengaturan. Kemudian pilih ‘beralih ke akun profesional’
  • Pilih lanjutkan. Anda tinggal pilih kategori sesuai. Anda bisa memilih ‘blogger’, ‘kreator video’, atau ‘Photografer’.
  • Kemudian Pilih salah satu antara ‘kreator’ atau ‘bisnis’
  • Selesai, Akun Bisnis Anda telah siap digunakan.

Mengupload Instagram stories

Melalui Instagram Stories Anda bisa melihat siapa saja orang yang melihat Stories yang Anda upload. 24 jam adalah waktu Stories Instagram bisa dilihat. Selama durasi tersebut, Anda bisa melihat siapa saja orang yang melihat. Anda dapat mengklik ikon pojok kiri bawah pada Stories. Daftar orang yang melihat Instagram Stories Anda pun akan tampil.

Tagged in: