WhatsApp adalah aplikasi perpesanan gratis yang paling populer di dunia saat ini. Cukup dengan smartphone dan nomor telepon aktif, Anda sudah bisa menggunakan layanan ini, gratis tanpa dipungut biaya.

 

Kenapa WhatsApp sangat populer?

Jumlah pengguna aktif whatsapp 2020

Gambar: Grafik pertumbuhan pengguna aktif WhatsApp Blog WhatsApp

Per Februari 2020, aplikasi WhatsApp secara aktif digunakan 2 miliar pengguna di 180 negara.

Ada banyak sekali alasan mengapa aplikasi WhatsApp sangat populer. Salah satunya karena kemudahan dan kenyamanan saat menggunakan aplikasi ini, bahkan bagi Anda yang tidak terlalu paham teknologi sekalipun. Orang dengan berbagai rentang usia dan jenjang pendidikan bisa dengan mudah menggunakan WhatsApp, hampir mirip seperti mengirim SMS.

Di Indonesia sendiri, orang-orang sering menyingkat WhatsApp dengan WA (baca: we’a). Sama seperti memanggil teman sendiri dengan nama julukan, saking nyamannya dengan aplikasi ini. Hal terakhir yang menjadikan WhatsApp populer karena kemudahan saat mendaftar. Anda cukup menyediakan nomor telepon, kirim verifikasi, dan boom, WhatsApp sudah sudah bisa digunakan.

Apakah WhatsApp aman digunakan?

Meskipun sangat populer, banyak orang yang khawatir dengan keamanan WhatsApp. Data dan privasi pengguna menjadi isu yang belakangan ini hangat dibicarakan.

Menurut pihak WhatsApp sendiri, aplikasi yang mereka kembangkan sangat aman dengan adanya enkripsi  “end-to-end “. Tidak ada yang bisa mendengar dan membaca isi pesan dan panggilan Anda, bahkan pihak WhatsApp sekalipun.

Terkadang, Anda dikimi chat oleh seseorang yang berisi dengan link malware yang berbahaya. Pastikan mengecek dari sumber link tersebut. Jika Anda tidak mengenalnya atau Google menampilkan indikasi malware, sebaiknya segera tutup link malware yang Anda buka tadi.

Apakah WhatsApp termasuk sosmed?

Banyak sekali orang yang mengatakan WhatsApp sosial media, namun anggapan tersebut tidak tepat. WhatsApp bukan termasuk aplikasi sosial media, tetapi aplikasi perpesanan.
Ada dua hal yang membedakan aplikasi sosmed dan perpesanan. Sosial media merupakan sebuah platform yang dibangun untuk penyiaran, sedangkan aplikasi perpesanan dibuat sebagai sarana komnunikasi.

Facebook, Twitter, Instagram dan platfom sosmed lainnya didesain untuk menyiarkan pesan untuk penonton luas. Seperti teman, keluarga, ataupun kolega. Sedangkan WhatsApp, LINE, Telegram, Skype didesain untuk berkomunikasi secara personal, antar individu, dan grup dalam lingkup kecil.

Apakah WhatsApp bisa kadaluarsa?

Menurut informasi dari WhatsApp, akun Anda akan kadalauarsa dan selanjutnya akan dihapus ketika tidak aktif selama 120 hari. Penghapusan akun WhatsApp tersebut untuk menjaga keamanan, membatasi data, dan melindungi privasi pengguna WhatsApp lainnya.

Jika tidak ingin akun WhatsApp kadaluarsa, cukup dengan tetap terhubung ke internet agar akun Anda aktif. Jika hanya membuka WhatsApp tanpa koneksi internet, akun Anda belum aktif.

Meskipun akun WhatsApp kadaluarsa, namun data yang tersimpan di hp Anda tetap ada. Arsip chat, riwayat panggilan, foto, dan video yang tersimpan tidak akan terhapus selama aplikasi WhatsApp belum dihapus dari perangkat. Anda bisa mendaftar ulang WhatsApp lagi untuk menampikan data yang tersimpan di akun WhatsApp yang telah kadaluarsa.

Apakah WhatsApp akan berbayar?

Tidak semua informasi yang Anda dapatkan dari internet, atau pesan berantai di grup WhatsApp semuanya valid. Pun dengan kabar WhatsApp akan berbayar adalah tidak benar.

WhatsApp untuk pengguna individu saat ini gratis digunakan. Anda hanya perlu membeli kuota internet untuk menggunakan WhatsApp. Kalaupun nanti berbayar, tentunya pihak WhatsApp akan memberikan pengumuman resmi terkait tagihan penggunaan aplikasi.

Berbeda dengan WhatsApp Business. Pihak WhatsApp sudah memberlakukan biaya untuk sebagian layanan di dalamnya. Salah satunya adalah template pesan. WhatsApp mengenakan biaya Rp 334 untuk 250 pesan pertama, Rp 334 untuk 750 pesan, dan Rp 330 untuk 2 juta pesan selanjutnya.

Tagged in:

About the Author

Tim Jatimtech

Situs teknologi yang menyajikan ulasan, tips & trik aplikasi, rekomendasi produk dan berita terkini.

View All Articles