Spesifikasi Harga

Spesifikasi, Review, dan Harga Samsung Z2

Spesifikasi Samsung Z2

Samsung Indonesia telah mengumumkan smartphone terbarunya untuk kalangan menengah ke bawah. Smartphone yang diluncurkan dengan nama Samsung Z2 ini kabarnya bakal dipasarkan secara resmi pada akhir pekan ini dengan harga di bawah Rp 1 juta.

Dilihat dari sisi harga, Samsung Z2 memang cukup memikat, apalagi untuk kalangan pelajar. Namun, pengguna harus puas dengan spesifikasi yang ada, terutama untuk urusan performa. Hal ini dikarenakan Samsung Z2 hanya dibekali dengan spesifikasi yang sederhana. Untuk lebih jelasnya, kalian bisa melihat spesifikasi Samsung Z2 berikut ini.

  • Dimensi: 121.5 x 63 x 10.8 mm dan berat 127 gram
  • Layar: TFT berukuran 4.0 inci resolusi 480 x 800 piksel
  • Chipset: Spreadtrum SC9830 Quad-core 1.5 GHz Cortex-A7
  • Prosesor grafis: Mali-400MP2
  • Memori internal: RAM 1GB, memori 8GB
  • Memori eksternal: microSD hingga 200GB
  • Kamera belakang: 5MP, aperture f/2.2
  • Kamera depan: VGA, aperture f/2.4
  • SIM: Dual SIM (Micro SIM, dual stand-by)
  • Jaringan: 4G LTE, VoLTE, HSPA, GSM, Bluetooth 4.0, Wi-Fi 802.11 b/g/n, FM Radio, Jio Network
  • Baterai: 1.500mAh
  • Sensor: Accelerometer
  • OS: Tizen 2.4

Review Samsung Z2

Kelebihan

Setelah mengetahui sedikit informasi dan spesifikasi Samsung Z2, mungkin kamu sudah tahu apa saja kelebihan Samsung Z2. Ya, kelebihan paling menonjol yang ditunjukkan oleh Samsung Z2 adalah harga. Selain itu, mungkin ukuran dari smartphone tersebut. Bagi pengguna yang sering menggunakan satu tangan untuk mengoperasikan handphone, pastinya mereka akan lebih senang memakai Samsung Z2.

Sebab, ukuran fisik Samsung Z2 hanya 4 inci saja. Ukuran smartphone yang mungil ini tentunya lebih memudahkan pengguna untuk mengoperasikannya dengan satu tangan. Tak hanya alasan pengoperasian saja, Samsung Z2 juga dilengkapi dengan dua kartu SIM, yang artinya smartphone ini sangat menunjang sarana komunikasi.

Lebih mengejutkan lagi, Samsung Z2 ternyata didukung dengan microSD berkapasitas 200GB. Ini tentunya merupakan kabar bahagia bagi pengguna yang doyan menyimpan video, gambar, dan musik.

Samsung juga membekalinya dengan jaringan 4G LTE dan VoLTE agar kecepatan internetnya semakin kencang (Cat4 hingga 150mbps). Bahkan, pengguna Samsung Z2 nantinya juga dapat menikmati fitur Jio Network dan fitur penghematan data Ultra Data Saving.

Kelemahan

Dibandingkan dengan kelebihannya, Samsung Z2 kelihatannya memiliki lebih banyak kelemahan. Bayangkan saja, walau ukuran fisiknya kecil yakni 4 inci, tetapi bodi tubuh Samsung Z2 cukup tebal yaitu 10.8mm. Mungkin ketebalan ini dipengaruhi oleh desain baterai yang bisa dilepas, sehingga memakan ruang yang cukup banyak.

Di samping itu, kamera yang dibenamkan di Samsung Z2 juga kurang memuaskan. Sekarang, zaman di mana setiap smartphone memiliki resolusi kamera di atas 10MP, tetapi Samsung Z2 hanya mempunyai resolusi kamera 5MP. Parahnya lagi, bagian depan kameranya hanya VGA.

Untuk urusan baterai juga demikian. Kapasitas baterai Samsung Z2 hanya 1.500mAh saja. Itu artinya pengguna akan lebih sering mengisi daya smartphone, mungkin sehari bisa dua kali hingga tiga kali. Meski begitu, kalau kamu menggunakan Samsung Z2 untuk memutar musik, kamu dapat menikmati smartphone tersebut selama 30 jam.

Kalau kamu gemar memainkan game, sepertinya kamu harus menahan hasrat bermain game saat menggunakan Samsung Z2. Ini dikarenakan penggunaan RAM yang hanya berkapasitas 1GB saja. Kapasitas tersebut tidak akan menjangkau untuk urusan gaming, kalaupun bisa mungkin akan terjadi lag pada saat bermain game.

Lanjut ke sistem operasi Tizen. Sistem operasi ini memang belum terlalu dikenal oleh masyarakat di Indonesia. Sebab, mereka lebih sering menggunakan sistem operasi Android atau iOS. Jadi, untuk Tizen, sepertinya masih terbilang baru dan harus diperkenalkan ke masyarakat agar mereka mau menerimanya.

Untuk itu, kami akan menunjukkan beberapa kelebihan dari sistem operasi Tizen.

  • Didukung browser HTML5
  • Dapat menjalankan semua aplikasi di Android
  • Dapat dikembangkan pada perangkat lainnya, seperti Smart TV, Smart camera, dan notebook
  • Didukung aplikasi pihak ketiga, WEB (HTML5, CSS, JavaScript), Native (C/C++) dan Hybrid (Web & Native)
  • Memiliki kesamaan dengan Android

Sistem operasi Tizen sendiri diklaim telah mendukung ribuan aplikasi. Tizen Store menyebut bahwa sistem operasinya telah mendukung lebih dari 6.500 aplikasi. Sayangnya, dari ribuan aplikasi tersebut, terdapat dua aplikasi yang belum tersedia di Tizen Store, yakni BBM dan Path. Meski begitu, Anda tak perlu khawatir, karena Samsung sedang mengusahakan agar dua aplikasi tadi segera tersedia di Tizen Store.

Harga Samsung Z2

Untuk spesifikasi yang terlihat sederhana tadi, pantaslah jika Samsung Z2 dibanderol dengan harga di bawah Rp 1 juta. Bahkan, pihak Samsung Indonesia telah mengonfirmasi bahwa harga Samsung Z2 nanti adalah Rp 899.000.

Kesimpulan

Samsung Z2 memang dilahirkan untuk kalangan menengah ke bawah. Sehingga spesifikasinya ditekan untuk menyesuaikan dengan harga pasar. Berbeda dengan Xiaomi, meski harga cukup terjangkau, tetapi spesifikasi sudah setara dengan smartphone kalangan menengah.

Jadi jika kami diminta untuk menilai Samsung Z2 dari rentang 1-10 maka kami akan memberikan nilai 6. Sebenarnya, nilai itu bisa lebih rendah lagi. Namun, karena harga Samsung Z2 yang cukup terjangkau, maka kami memberikan nilai 6.

Unboxing Samsung Z2