Spesifikasi Huawei Mate 9

Beberapa hari yang lalu, Huawei Mate 9 terlahir ke dunia, tepatnya di kawasan Munich, Jerman. Jauh juga ya? Mengapa Huawei tidak meluncurkan Mate 9 di kampung halamannya di Tiongkok? Kalau boleh kami menerka-nerka, sepertinya Huawei Mate 9 sengaja diluncurkan pertama kali di Jerman karena mereka memiliki hubungan khusus dengan perusahaan kamera termuka asal Jerman, yakni Leica.

Belakangan ini, Huawei memang melakukan kerja sama, terutama dalam penggunaan kamera smartphone dari Leica. Sebut saja, keluarga besar Huawei P9 dan Huawei P9 Plus. Keduanya sama-sama mengadopsi kamera yang dikembangkan bersama Leica. Mungkin karena itulah Huawei Mate 9 diperkenalkan di sana (Jerman).

Tapi, apakah Huawei Mate 9 juga menggunakan kamera hasil pengembangan bersama Leica? Tentu saja, bahkan Huawei Mate 9 lebih mengandalkan teknologi kamera Leica ketimbang teknologi lainnya. Meski begitu, spesifikasi yang dibenamkan pada Huawei Mate 9 tetap mumpuni. Penasaran kan dengan spesifikasi yang diusung oleh Huawei Mate 9? Berikut ulasan selengkapnya.

  • Dimensi: 156.9 x 78.9 x 7.9 mm dan berat 190 gram
  • Layar: IPS LCD berukuran 5.9 inci resolusi 1080 x 1920 piksel
  • Chipset: Hisilicon Kirin 960 Octa-core (4×2.4 GHz Cortex-A73 & 4×1.8 GHz Cortex-A53)
  • Prosesor grafis: Mali-G71 MP8
  • Memori internal: RAM 4GB, memori 64GB
  • Memori eksternal: microSD hingga 256GB
  • Kamera belakang: Dual 20MP + 12MP, f/ 2.2, OIS, zoom 2x, optic Leica, laser autofocus, dual flash LED
  • Kamera depan: 8MP, f/ 1.9
  • SIM: Nano-SIM, Single-SIM atau Dual-SIM
  • Jaringan: 4G LTE, HSDPA, GSM, EDGE
  • Baterai: 4.000mAh dengan fitur fast charging
  • Sensor: Sensor sidik jari, accelerometer, gyro, proximity, kompas, barometer
  • USB: Tipe C 1.0
  • OS: Android 7 Nougat

Review Huawei Mate 9

Kelebihan

Seperti Huawei P9, kali ini Huawei Mate 9 juga beruntung karena didukung oleh kamera dari Leica generasi kedua. Terlebih, Huawei Mate 9 juga mengadopsi sensor kamera monokrom beresolusi 20MP dan sensor kamera warna RGB beresolusi 12MP. Selain itu, Huawei Mate 9 telah didukung fitur kamera (OIS) Optical Image Stabilization untuk meminimalisir hasil jepretan gambar yang blur.

Tak cukup sampai di situ saja, dual kamera utama milik Huawei Mate 9 memungkinkan pengguna mengambil gambar dengan efek bokeh serta merekam video 4K. Kamera tersebut juga dilengkapi dengan fitur zoom 2x dan 4-in-1 hybrid autofocus yang terdiri dari contrast detection, phase-detection, depht, dan laser.

Sekarang beralih ke masalah performa. Huawei Mate 9 dibekali chipset terbaru Hisilicon Kirin 960 lengkap dengan prosesor grafis Mali-G71 yang didesain dengan Vulkan dan VR. Menurut Huawei, Vulkan dapat meningkatkan performa grafis hingga 400 persen untuk menunjang perangkat virtual reality.

Smartphone flagship ini bakal melaju lebih kencang, berkat adanya RAM 4GB dan prosesor Octa-core (4 x 2.4 GHz A73 + 4 x 1.8 GHz A53) + i6 co-processor. Ruang penyimpanan yang ditawarkan Huawei juga cukup memadai, yakni 64GB untuk memori internal dan 256GB untuk memori eksternal.

Kelebihan lainnya adalah baterai berkapasitas 4.000mAh. Huawei Mate 9 memiliki performa yang tinggi, sehingga asupan dayanya pasti sangat besar. Beberapa kalangan mengatakan bahwa kapasitas baterai yang besar juga berpengaruh pada lamanya proses pengisian daya.

Jadi, jika baterai smartphone kamu berkapasitas besar maka proses pengisiannya juga semakin lama. Namun, karena Huawei Mate 9 telah dibekali fitur fast charging Huawei SuperCharge, maka pengguna hanya membutuhkan waktu 90 menit untuk membuat baterainya terisi penuh 100 persen dan 30 menit untuk membuatnya terisi 50 persen.

Selain itu, Huawei Mate 9 menjadi smartphone pertama yang menjalankan interface Huawei EMUI 5 terbaru.

Kelemahan

Huawei Mate 9 sudah sepantasnya mengadopsi layar Quad HD. Namun, apa mau dikata, vendor asal Tiongkok ini hanya menyematkan layar besar dengan resolusi Full HD. Mungkin, ini salah satu cara untuk menghemat penggunaan baterai, karena layar Quad HD pastinya akan menyerap baterai lebih besar. Di samping itu, sepertinya penggunaan layar Full HD merupakan salah satu metode untuk menekan biaya agar pengeluaran tidak semakin besar.

Harga Huawei Mate 9

Di Eropa, Huawei Mate 9 dipasarkan dengan harga sekitar Rp 10,2 jutaan. Menurut kalian, harga segitu termasuk mahal atau tidak untuk Huawei Mate 9? Kami yakin kalian pasti memiliki pendapat yang berbeda-beda terkait harga Huawei Mate 9.

Namun, yang pasti smartphone ini tidak akan dipasarkan ke Indonesia dalam waktu dekat. Pasalnya, setelah peluncuran di Jerman kemarin, Huawei Mate 9 akan berlabuh ke beberapa negara, seperti Perancis, Tiongkok, Jepang, Italia, Kuwait, Polandia, Malaysia, Arab Saudi, Spanyol, Thailand, dan Uni Emirat Arab.

Kesimpulan

Kami merekomendasikan Huawei Mate 9 untuk pecinta fotografi. Sebab, dari beberapa spesifikasi yang dia bawakan, spesifikasi yang paling menonjol terletak pada sektor kamera. Tak hanya itu, melihat harganya yang mahal, Huawei Mate 9 sangat cocok digunakan untuk kalangan menengah ke atas.

Secara keseluruhan, spesifikasi Huawei Mate 9 sangat istimewa. Oleh sebab itu, kami siap memberikan nilai 9 dari rentang nilai 1-10 untuk Huawei Mate 9.