Spesifikasi Harga

Spesifikasi, Review, dan Harga Sony Xperia XZ

Spesifikasi Sony Xperia XZ

Banyak kalangan yang menyangka bahwa Sony sudah tidak produktif. Namun, sangkaan yang dilayangkan ke Sony ternyata tidak terbukti sama sekali. Ini dikarenakan Sony telah mengeluarkan deretan smartphone terbaru di ajang IFA 2016 kemarin, di antaranya Sony Xperia XZ dan Sony Xperia X Compact. Keduanya merupakan penerus dari Sony Xperia Performance yang telah diluncurkan lebih dulu.

Namun, kali ini kami tidak akan membahas semuanya. Tim Jatimtech akan memfokuskan pada ulasan Sony Xperia XZ. Tahukah kamu, mengapa kami lebih memilih membahas tentang spesifikasi Sony Xperia XZ? Sebab, smartphone tersebut mempunyai desain, performa, dan kamera yang mumpuni. Daripada penasaran, kami akan menunjukkan spesifikasi Sony Xperia XZ.

  • Dimensi: 146 x 72 x 8.1 mm dan berat 161 gram
  • Layar: IPS LCD berukuran 5.2 inci resolusi 1080 x 1920 piksel
  • Chipset: Qualcomm MSM8996 Snapdragon 820 Quad-core (2×2.15 GHz Kryo & 2×1.6 GHz Kryo)
  • Prosesor grafis: Adreno 530
  • Memori internal: RAM 3GB, memori 32GB dan 64GB
  • Memori eksternal: microSD hingga 256GB
  • Kamera belakang: 23MP, f/ 2.0, laser autofokus
  • Kamera depan: 13MP, f/ 2.0
  • SIM: Single SIM dan dual SIM berukuran nano
  • Jaringan: 4G LTE, HSDPA, CDMA, GSM, GPRS, EDGE
  • Koneksi: Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, bluetooth 4.2, GPS, NFC
  • Baterai: 2.900mAh dengan Quick Charge 3.0
  • Sensor: Sensor sidik jari, accelerometer, gyro, proximity, kompas, barometer, color spectrum
  • USB: Tipe C 1.0
  • OS: Android 6.0.1 Marshmallow

Review Sony Xperia XZ

Kelebihan

Kelebihan Sony Xperia XZ sudah terpancar dari sisi desain. Sony menggunakan material spesial yang dinamakan Alkaleido. Pasti kamu bertanya-tanya, apa itu Alkaleido? Alkaleido adalah kombinasi material aluminium yang sangat nyaman saat disentuh dan tak akan meninggalkan bekas sidik jari. Jadi, selain tangguh, Sony Xperia XZ tetap mengusung tampilan estetika agar pengguna terpikat dengan smartphone tersebut.

Nah, berbicara tentang ketangguhan, smartphone flagship dari Sony ini juga bisa dibilang sangat tangguh. Bagaimana tidak, Sony Xperia XZ telah dibekali dengan sertifikasi IP68 yang membuatnya tahan terhadap air dan debu. Tak hanya itu saja, Xperia XZ juga dibekali dengan proteksi layar Corning Gorilla Glass serta teknologi TRILUMINOS dan X-Reality.

Lanjut ke urusan jepret-menjepret gambar. Kali ini, pelanggan akan dibuat mabuk kepayang dengan kamera beresolusi 23MP di sudut bodi belakang Sony Xperia XZ. Kamera tersebut dilengkapi dengan 5-axis image stabilization, laser auto fokus terbaru, dan RGBC-IR yang dapat membantu menyeimbangkan kondisi cahaya sekitar.

Tak hanya itu, desain kamera utama tersebut sangat futuristik lengkap denga lampu flash LED di bawahnya. Sementara, untuk kamera depan juga tak kalah menakjubkan karena Sony membenamkan kamera beresolusi 13MP agar penggemar selfi merasa puas.

Setelah membenamkan kamera unggulan, Sony tak lupa menyertakan sebuah tombol shutter shot pribadi di bagian samping kanan ponsel. Jadi, tak hanya tombol power saja, bagian samping kanan juga terdapat tombol volume dan tombol shutter shot. Menariknya, tombol volume ini juga berfungsi untuk melakukan zooming saat menjepret gambar.

Masih membahas tentang tombol, sebenarnya selain berfungsi sebagai tombol power, tombol berwarna silver tersebut juga dapat digunakan untuk sensor pemindai sidik jari. Namun sayang, fitur pemindai sidik jari ini tidak akan diterima oleh pengguna di Amerika Serikat. Sebab, pihak Sony akan melepas fitur sensor sidik jari di smartphone Xperia XZ saat di pasarkan ke Amerika Serikat, seperti pemasaran-pemasaran sebelumnya.

Kemudian masuk ke sektor dapur pacu, Xperia XZ menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 820 serta GPU Adreno 530 dan RAM 3GB. Perpaduan tiga perangkat ini membuat Xperia XZ melaju sangat cepat, baik untuk gaming atau kegiatan lainnya. Xperia XZ tak akan pernah lemot untuk menjalankan game berat maupun multi-tasking beberapa aplikasi.

Selain itu, Sony Xperia XZ juga mengadopsi baterai berkapasitas 2.900mAh. Walau kapasitas baterainya tidak sebesar smartphone-smartphone yang lain, namun ini sudah cukup memuaskan untuk para pengguna. Terlebih, Sony juga menyelipkan teknologi fast charging Quick Charge 3.0 yang dapat mengisi ulang daya sangat cepat. Dengan begitu, ketika baterai habis, kamu dapat langsung mengisinya tanpa harus menunggu lama.

Untuk penggunaan berat (bermain game setiap hari), baterai Xperia XZ hanya mampu bertahan beberapa jam. Namun, kalau hanya untuk membuka aplikasi media sosial, email, SMS, dan telepon, maka Xperia XZ dapat bertahan hingga 12 jam.

Kelemahan

Sony Xperia XZ seharusnya memiliki kapasitas baterai yang lebih besar. Melihat spesifikasi yang begitu menawan, sudah sepantasnya Sony Xperia XZ memiliki baterai berkasitas di atas 4.000mAh sama seperti beberapa smartphone Xiaomi. Mungkin dengan kapasitas baterai yang besar, Sony Xperia XZ dapat bertahan seharian.

Terlepas dari semua itu, Xperia XZ sudah sangat sempurna. Semoga saja, dalam waktu dekat Sony Xperia XZ akan mendapat pembaruan Android 7 Nougat.

Harga Sony Xperia XZ

Sony Xperia XZ diperkirakan akan dijual dengan kisaran harga Rp 7 jutaan hingga Rp 10 jutaan. Hal ini wajar karena spesifikasi Xperia XZ sangat memukau dan hampir tak memiliki kekurangan sama sekali.

Saat ini, Sony Xperia XZ belum resmi masuk ke Indonesia. Namun, jika kamu mau berkeliling ke beberapa forum pecinta smartphone Xperia, maka kamu akan mendapat Xperia XZ yang dijual di sana. Semoga beruntung.

Kesimpulan

Fitur dan spesikasi yang dibenamkan pada Xperia XZ sudah sangat lengkap, mulai dari layar, proteksi layar, sertifikasi IP68, desain, performa, hingga kamera. Jadi, jika kami diminta untuk menilai Sony Xperia XZ, maka kami akan memberikan nilai 9 dari rentang 1-10.