Spesifikasi Harga

Spesifikasi, Review, dan Harga Google Pixel & Google Pixel XL

Spesifikasi Google Pixel

Seperti yang kalian tahu, Google telah meluncurkan beberapa smartphone terbaru seperti Nexus 5X dan Nexus 6P. Namun, karena namanya kurang mengena, akhirnya Google mencoba memberikan nama baru untuk brand terbarunya yakni Google Pixel dan Google Pixel XL.

Kedua smartphone dengan nama panggilan Pixel ini memiliki spesifikasi yang nyaris sama. Namun, ukuran layar dan kapasitas baterainya berbeda. Google Pixel XL memiliki layar dan kapasitas baterai lebih besar dari Google Pixel. Jika Google Pixel XL mengadopsi layar berukuran 5.5 inci maka Google Pixel hanya mempunyai layar 5 inci.

Begitu pula dengan baterai, Google Pixel XL tampil percaya diri dengan baterai berkapasitas 3.450mAh, sementara Google Pixel 2.770mAh. Perbedaan spesifikasi keduanya tak akan dipermasalahkan, karena dari perbedaan itulah pengguna bisa memilih akan membeli smartphone Google dengan harga lebih murah atau lebih mahal.

Sebelum membahas tentang harga Google Pixel, mari kita melihat spesifikasi dari smartphone tersebut.

  • Dimensi: 143.8 x 69.5 x 8.5 mm dan berat 143 gram
  • Layar: AMOLED berukuran 5 inci resolusi 1080 x 1920 piksel
  • Chipset: Qualcomm MSM8996 Snapdragon 821 Quad-core (2×2.15 GHz Kryo & 2×1.6 GHz Kryo)
  • Prosesor grafis: Adreno 530
  • Memori internal: RAM 4GB, memori 32GB dan 128GB
  • Memori eksternal: Tidak ada
  • Kamera belakang: 12.3MP, f/ 2.0, dual flash LED
  • Kamera depan: 8MP, f/ 2.4
  • SIM: Nano-SIM
  • Jaringan: 4G LTE, EVDO, HSDPA, CDMA, GSM, GPRS, EDGE
  • Baterai: 2.770mAh dengan fitur fast charging
  • Sensor: Sensor sidik jari, accelerometer, gyro, proximity, kompas, barometer
  • USB: Tipe C 1.0
  • OS: Android 7 Nougat

Review Google Pixel

Kelebihan

Google Pixel memiliki banyak kelebihan. Walau spesifikanya tak sebaik Google Pixel XL, namun smartphone ini bisa dibilang sempurna. Bagaimana tidak, bila dilihat dari sisi layar, Google Pixel telah dilengkapi dengan lapisan Corning Gorilla Glass 4 yang tahan terhadap goresan dan benda tumpul.

Kemudian, kalau kita masuk ke dalam sektor dapur pacu, Google Pixel akan menunjukkan keperkasaannya yakni sebuah chipset Snapdragon 821 terbaru serta memori RAM berkapasitas 4GB. Terlebih lagi, Google juga menyematkan prosesor grafis Adreno 530 yang membuat pengguna dapat memainkan game berkualitas dengan lancar.

Tak hanya itu, Google Pixel juga dilengkapi dengan kamera utama berkapasitas 12.3MP dan kamera selfie beresolusi 8MP. Resolusi kamera ini sudah lebih dari cukup kalau hanya untuk mengabadikan momen bersama sahabat atau keluarga. Terlebih lagi, kamu akan dipuaskan dengan disematkannya sebuah baterai berkapasitas 2.770mAh yang mampu bertahan hingga 19 hari dalam keadaan stand-by.

Demikian beberapa kelebihan dari Google Pixel, sekarang saatnya membahas tentang kelemahan Google Pixel.

Kelemahan

Google Pixel memang tampak sempurna dengan spesifikasi yang dibawakannya. Namun, kesempurnaan itu seakan sirna karena Google Pixel tidak dilengkapi dengan beberapa fitur yang cukup penting, seperti memori eksternal, infrared, dan radio. Tiga fitur ini memang jarang digunakan, tetapi untuk sebagian orang, mungkin fitur-fitur tadi sangat penting dan sangat dibutuhkan.

Ya, fitur-fitur seperti memori eksternal memang cukup penting karena menyangkut masalah sistem penyimpanan suatu data dan media. Jika kapasitas memori internal habis, maka otomatis pengguna akan kesulitan menyimpan data-datanya lagi. Meski begitu, kalian tidak perlu khawatir karena saat ini sudah terdapat layanan cloud yang menawarkan penyimpanan di awan.

Nah, Google juga demikian, karena tidak menyediakan memori eksternal, mereka memutuskan untuk memberikan layanan penyimpanan awan secara gratis dan tak terbatas, bernama Google Photo. Dengan Google Photo, kamu dapat menyimpan foto dan video tanpa harus takut memenuhi ruang kosong di memori internal.

Harga Google Pixel

Saat ini, kamu sudah bisa membeli Google Pixel di Best Buy, Verizon, dan dari Google sendiri. Harga Google Pixel sebanding dengan spesifikasi yang dibawakan yaitu sekitar Rp 9,2 juta. Kalau Google Pixel XL lebih mahal, yakni sekitar Rp 10,5 juta. Meski Google Pixel XL lebih mahal, beberapa kalangan memperkirakan bahwa smartphone tersebut bakal lebih laris karena setelah Google Pixel XL habis di pasaran, maka Google tidak akan menjualnya lagi di toko-toko.

Kesimpulan

Google Pixel sudah sangat memuaskan untuk penggunaan sehari-hari. Hal ini dikarenakan spesifikasi Google Pixel sudah cukup komplit. Jadi, dapat dipastikan bahwa penggemar perangkat Google akan memburu Google Pixel dibandingkan ponsel-ponsel Android lainnya.