Hardware

Modem dengan Jaringan 5G Pertama di Dunia, Qualcomm X50!

JATIMTECH.com –¬†Jaringan 5G merupakan jaringan yang mana satu langkah lebih maju bagi pengguna wireless broadband yang ada di seluruh dunia. Dengan pengumuman rilisnya X50 Modem 5G, Qualcomm bersiap untuk mendongkrak pasar dan mengejutkan pasar.

Qualcomm mengatakan jika Modem X50 ini bisa menembus kecepatan tertinggi hingga 5Gbps, yang mana sudah 5x lebih cepat dibandingkan dengan kelas Gigabit LTE yang baru bisa mencapai kecepatan tertinggi di 900Mbps. Modem X50 ini menggunakan MIMO (Multiple-Input Multiple-Output) di frekuensi 28GHz, yang merupakan bagian dari gelombang spektrum (mmWave).

Seperti yang dilansir dari laman Ubergizmo, Kamis (20/10/2016), mmWave front-end ini cenderung memiliki banyak antena, sehingga pemanfaatannya menjadi lebih mudah. Pada prinsipnya, MIMO ini merupakan radio komunikasi paralel yang melalui beberapa antena, di setiap penanganan transfer data pada satu waktu. Tujuannya adalah meningkatkan jumlah transfer data secara simultan untuk mencapai tingkat pengiriman data yang sangat tinggi.

Karena Modem X50 ini memiliki kaitan dengan mmWave, maka harus dipasangkan dengan modem LTE, seperti contohnya Qualcomm X16. Perlu dicatat jika ke depannya, jaringan 5G kemungkinan akan terus bergantung pada LTE, sebagai sebuah common denominator.

mmWave ini bisa melakukan pengiriman data dengan kecepatan tinggi yang sangat luar biasa. Akan tetapi, kekurangannya, sangat sensitif terhadap kongisi lingkungan. Bahkan, sinyal bisa terganggu hanya karena lembaran kertas yang begitu tipis.