Hardware

Samsung Perkenalkan LPDDR4 DRAM 8GB Pertama untuk Ponsel dan Tablet

JATIMTECH.com – Samsung Electronics secara resmi memperkenalkan LPDDR4 DRAM 8GB mereka untuk ponsel cerdas dan komputer tablet. Paket DRAM 8GB Samsung ini menggunakan empat chip memori 16GB LPDDR4 terbaru. Proses produksinya pun menggunakan teknologi canggih 10nm-class.

Bagi sobat yang belum tahu, LPDDR4 adalah kepanjangan dari low power, double data rate 4. Disebutkan bahwa 8GB LPDDR4 DRAM merupakan solusi terbaik DRAM ponsel ataupun komputer tablet yang akan dirilis di masa depan, seperti dilansir dari Gizmo China (20/10/2016).

Meningkatnya teknologi pembuatan smartphone membuat Samsung ingin menciptakan sebuah komponen baru. Perusahaan Koera Selatan mengklaim jika LPDDR4 DRAM 8GB sangat cocok untuk perangkat yang memiliki dual kamera, 4K UHD dan VR.

Lebih detail, 8GB LPDDR4 DRAM mampu beroperasi sampai 4266 megabits per detik (Mbps). Ini dua kali lebih cepat dari DDR4 DRAM untuk PC, yang biasa bekerja di 2.133 Mbps per pin. Dengan asumsi 64 bit (x64) wide memory bus. Ini dapat dilihat sebagai transmisi lebih dari 34GBs data per detik.

Sudah ada sejumlah high-end ultra-slim note PC yang menggunakan 8GB DRAM untuk saat ini. Akan tetapi, hanya paket 8GB LPDDR4 Samsung yang mampu bekerja dengan perangkat berkapasitas yang sangat tinggi. Misalnya, melengkapi tablet dengan 8GB LPDDR4 akan memungkinkan operasi mesin virtual dan pemutaran video 4K UHD lebih halus, fitur populer yang banyak terlihat di PC premium.