Home » Sains » Logam Ini Sangat Membenci Air

Logam Ini Sangat Membenci Air

Apabila Anda menyaksikan sebuah zat cair yang melompat-lompat, mungkin Anda mengira itu sebuah trik sulap. Namun jika dilihat lebih dekat, air tersebut melompat akibat sebuah logam dengan teknologi terbaru. Air yang mengenai permukaan logam unik ini tidak akan pecah, justru akan menari-nari.

Logam yang sangat tahan air ini ditemukan oleh para ilmuwan dari Universitas Rochester. Logam tersebut diukir dalam skala sangat kecil (berukuran nano) dengan pola tertentu sehingga menjadikan air yang mengenai logam tersebut seakan melompat-lompat. Sebelumnya sudah ada teknologi seperti ini tetapi menggunakan sistem pelapisan logam dengan bahan kimia dan sifatnya tidak permanen seperti sistem ukir.

Air yang mengenai permukaan logam ini tidak akan pernah pecah. Bahkan air tersebut akan memantul-mantul seperti trampoline dan berguling-guling. Walaupun airnya mengenai tepian logam yang terlihat tajam, tetap saja air tersebut akan memantul ke bawah. Penemuan sebuah logam yang menakjubkan ini dapat digunakan untuk bahan pembuat sebuah perangkat di masa depan.

Teknologi yang menakjubkan ini nantinya dapat diterapkan pada permukaan badan pesawat, komponen elektronik (smartphone, tablet, laptop), dan otomotif. Selain itu, logam ini juga dapat dimanfaatkan untuk sarana mengumpulkan air di daerah terpencil. Air yang berasal dari hujan, embun, dan tetesan dedaunan, dikumpulkan menggunakan beberapa logam dan dialirkan ke rumah-rumah warga.

Sumber: Sploid