Tips & Trik

Tips Memilih Perangkat PC Untuk Gaming

Bagi sebagian orang bermain game menjadi salah satu cara bagi mereka untuk
menyegarkan pikiran. Salah satu media untuk bermain game yaitu PC atau komputer. Namun perlu diketahui, game PC menjadi salah satu aktifitas dimana PC desktop akan memerintah dan bekerja untuk tahap tertinggi.

Jika Anda pecinta game dan ingin membeli PC dengan harga PC murah namun tetap handal, perlu mengetahui apa saja panduan untuk membeli serta memilih PC gaming tersebut :

1. Prosesor

Baik PC dengan harga PC murah maupun mahal, Anda wajib memperhatikan prosesor jika ingin menggunakannya untuk kegiatan gaming. Karena aktivitas bermain game akan melibatkan tindakan untuk menyeimbangkan kinerja antara CPU dengan grafis.

2. Motherboard

Jangan sampai Anda melupakan motherboard untuk PC gaming. Umumnya
orang-orang melupakan detail dari motherboard karena terlanjur berkonsentrasi pada prosesor maupun grafis PC, padahal motherboard ini juga sangatlah penting. Sayangnya tidak semua motherboard mendukung prosesor yang overclocking. Jika Anda memilih motherboard dengan harga rendah, maka kemungkinan akan mengeluarkan budget lebih untuk kartu grafis, yang tentu akan berpengaruh besar pada tampilan.

Namun, jika Anda menginginkan port dan juga konektor terbaru misalnya USB 3.1 Gen 2 yang sudah mendukung transfer dua kali kecepatan USB 3.0 (USB 3.1 Gen 1), sebelumnya pastikan terlebih dahulu Anda memeriksanya sebelum membeli ataupun memesan.

3. Kartu grafis (VGA card)

Kartu grafis menjadi penentu dari kualitas keseluruhan dalam bermain game. Maka dari itu, lebih baik untuk para gamer mencari PC dengan harga PC murah yang memiliki prosesor mid-range. Ini karena terdapat perbedaan harga yang akan membuat Anda menghabiskan banyak kinerja yang lebih banyak pada kartu grafis daripada pada CPU.

Nah, untuk mendapatkan gameplay yang harus, Anda harus mencapai minimal 60 frame per detik atau fps pada game. Kecepatan tersebut yang membatasi display PC sebagian besar, Anda pun tidak perlu cepat-cepat menggantinya, kecuali jika sudah mempunyai monitor game dengan kecepatan tinggi yang bisa menyelaraskan dengan lebih cepat.

Anda bisa meningkatkan pengaturan kualitas dalam game namun sifatnya masih kemungkinan dari setiap kinerja ekstra yang ada. Misalnya untuk membuat karakter game menjadi lebih tajam, teksturnya lebih realistis dan efek grafis yang semakin mendalam.

4. Memory (RAM) atau penyimpanan

RAM atau penyimpanan yang mumpuni wajib hukumnya untuk urusan bermain game. Selain fungsinya untuk kebutuhan penyimpanan bermain game yang cukup tinggi, juga peran RAM untuk mempercepat kinerja dan proses perangkat dalam bekerja memproses game tersebut. Untuk Anda yang ingin bermain game, disarankan memilih RAM dengan dua channel dan hardisk minimal 1TB.

Demikian informasi mengenai tips memilih beberapa komponen PC khusus untuk gaming. Memang bermain game membutuhkan perangkat yang lebih kemampuannya jika dibandingkan dengan aktivitas lainnya. Maka dari itu, Anda jangan sampai salah dalam memilihnya.

Cermati pula PC yang akan Anda beli, misalnya harga PC murah bisa saja membuat Anda tergoda membelinya namun ternyata tidak sesuai dengan yang dibutuhkan. Jika Anda ingin membeli PC atau laptop baru, bisa membelinya di Bukalapak. Di sana terdapat banyak merk dan tipe laptop lengkap dengan informasi spesifikasinya.

Salah satunya yaitu laptop Axioo. Bukalapak menyediakan beragam produk dari merk Axioo lengkap dengan harga laptop Axioo terbaru. Dengan begitu Anda tidak akan bingung ketika ingin membeli laptop terbaru.

Berbelanja pun sekarang jadi lebih cepat dan mudah dengan adanya Bukalapak. Anda tidak perlu mengeluarkan banyak tenaga untuk membeli barang yang diinginkan.