Home » Review » Spesifikasi Harga » Spesifikasi, Review, dan Harga Lenovo Phab 2 Pro

Spesifikasi, Review, dan Harga Lenovo Phab 2 Pro

Spesifikasi Lenovo Phab 2 Pro

Bulan Juni lalu, keluarga besar Lenovo Phab 2 series diperkenalkan pertama kali pada acara Lenovo Tech World yang diselenggarakan di San Fransisco, Amerika Serikat. Saat itu, mereka memperkenalkan tiga smartphone sekaligus, di antaranya Lenovo Phab 2, Lenovo Phab 2 Plus, dan Lenovo Phab 2 Pro,

Lima bulan kemudian, tepatnya awal bulan November 2016, Lenovo secara resmi merilis Lenovo Phab 2 Pro di Amerika Serikat. ‘Anak paling sulung’ dari keluarga Lenovo Phab 2 series ini merupakan produk yang paling istimewa. Pasalnya, dia telah dibekali dengan teknologi Tango 3D Mapping Camera yang dikembangkan oleh Google. Bahkan, Lenovo Phab 2 Pro adalah smartphone pertama yang mengusung teknologi Google Project Tango.

Kamu mungkin sudah tahu, teknologi Project Tango dari Google harus memiliki kamera yang mumpuni. Apakah Lenovo Phab 2 Pro mempunyai kamera yang istimewa? Tak hanya kameranya yang istimewa, Lenovo Phab 2 Pro juga didukung chipset, software audio, serta baterai berkapasitas besar. Lebih jelasnya, silakan menyimak spesifikasi Lenovo Phab 2 Pro berikut:

  • Dimensi: 179.8 x 88.6 x 10.7 mm dan berat 259 gram
  • Layar: IPS berukuran 6.4 inci resolusi 1440 x 2560 piksel QHD
  • Chipset: Qualcomm MSM8976 Snapdragon 652 Octa-core (4×1.8 GHz Cortex-A72 & 4×1.4 GHz Cortex-A53)
  • Prosesor grafis: Adreno 510
  • Memori internal: RAM 4GB, memori 64GB
  • Memori eksternal: MicroSD hingga 256GB (slot SIM 2)
  • Kamera belakang: 16MP, PDAF, depth & motion tracking sensors
  • Kamera depan: 8MP, f/ 2.2
  • Audio: Dolby Atmos/ Dolby Audio Capture 5.1
  • SIM: Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
  • Jaringan: 4G LTE, HSDPA, GSM, EDGE
  • Fitur: Project Tango
  • Baterai: 4.050mAh dengan fitur fast charging Quick Charge
  • Sensor: Sensor sidik jari, accelerometer, gyro, proximity, kompas
  • USB: MicroUSB 2.0
  • OS: Android 6.0 Marshmallow

Review Lenovo Phab 2 Pro

Kelebihan

Seperti yang sudah kami katakan di atas, Lenovo Phab 2 Pro pasti memiliki kamera unggulan. Memang benar, smartphone seukuran phablet ini didukung kamera utama beresolusi 16MP dengan kecepatan fokus 0.3 detik, dua kamera tambahan di bagian belakang, serta sebuah kamera depan 8MP. Sekumpulan kamera yang disematkan di bodi belakang tadi diklaim mampu mengenali jarak dan kedalaman objek atau ruang.

Selain Lenovo Phab 2 Pro, apakah ada kamera smartphone lain yang dapat melakukan hal serupa? Sepertinya tidak ada, sebab kamera tersebut memang sengaja dirancang sedemikian rupa untuk menunjang teknologi Project Tango.

Sebelum membahas lebih jauh, apakah kamu sudah tahu apa itu Project Tango? Jika belum, maka kami akan membantu menjelaskannya. Project Tango adalah proyek Google yang digunakan untuk menerapkan fitur Augmented Reality (AR) pada smartphone dan tablet. Project Tango menggunakan computer vision agar smartphone mampu mendeteksi posisinya sendiri di dunia nyata, tanpa bantuan GPS dan sinyal lainnya.

Mungkin kamu bingung dengan pengertian Project Tango, tapi sebenarnya kalian semua sudah pernah menikmatinya di smartphone kalian masing-masing. Ya, game Pokemon Go yang viral beberapa waktu lalu, merupakan salah satu contoh pengaplikasian fitur Augmented Reality yang mirip dengan teknologi Project Tango.

Nah, itu tadi penjelasan singkat tentang kelebihan Lenovo Phab 2 Pro berkaitan dengan teknologi Project Tango. Sekarang, saatnya membahas secara personal jati diri Lenovo Phab 2 Pro mulai dari desain, performa, fitur, serta ketahanan baterai.

Sekilas, tampilan Lenovo Phab 2 Pro memang tampak elegan dan tangguh. Ini karena material yang digunakan Lenovo Phab 2 Pro berupa logam aluminium. Berkat material ini pulalah, Phab 2 Pro menjadi cukup berat saat digenggam. Bagaimana tidak berat, bobot tubuhnya saja 259 gram. Sepertinya, tangan kamu akan mudah lelah kalau mengoperasikan Lenovo Phab 2 Pro menggunakan satu tangan.

Walaupun sedikit berat, yang penting tampilan layarnya dapat memanjakan mata pengguna. Tampilan layar Lenovo Phab 2 Pro memang memesona karena ukuran layarnya saja 6.4 inci mirip dengan Xiaomi Mi Mix. Kemudian layar ini didesain melebar hingga tak terlihat bezel sama sekali.

Selain layar, penempatan speaker audio juga sangat menguntungkan. Sebab, speaker Lenovo Phab 2 Pro diletakkan di bagian sisi bawah bodi. Ini membuat suara akan tetap berdegup kencang walau smartphone ditaruh di atas meja atau diletakkan dalam posisi terlentang.

Puas dengan desain Lenovo Phab 2 Pro, saatnya kita melanjutkan pembahasan ke bagian dalaman atau dapur pacu. Lenovo mungkin sengaja tak menyematkan chipset terbaik dari Qualcomm, tapi mereka memilih chipset yang dapat dioptimasi untuk Project Tango, apa lagi kalau bukan Snapdragon 652. Chipset tersebut dipercaya dapat menjalankan kinerja Project Tango dengan baik.

Lebih baik lagi, karena Lenovo Phab 2 Pro juga dibekali dengan RAM 4GB. Kapasitas RAM tersebut dibuat lebih besar untuk melakukan proses penyimpanan saat menjalankan aplikasi-aplikasi Project Tango.

Oh iya hampir lupa, Google Play Store telah menyediakan beberapa aplikasi Project Tango, seperti Solar Simulator for Tango, Hot Wheels Track Builder Tango, Fury of the Gods Tango, Towers for Tango, Lowe’s Vision, Raise, Crayola Color Blaster, Slingshot Island, Matterport Scenes, WOORLD, Domino World, Cinematic, Ghostly Mansion, Bubbles, Dinosaurs Among Us, Signal Mapper, Danger Dodgers!, Dragonfly, dan MagicPlan.

Lanjut ke urusan fitur-fitur di Lenovo Phab 2 Pro. Tahukah kamu, ternyata Lenovo Phab 2 Pro mempunyai fitur-fitur yang menawan, di antaranya sistem audio Dolby Atmos/ Dolby Audio Capture 5.1, 360 voice noise-cancelling, sensor pemindai sidik jari, dan Quick Charge.

Fitur Quick Charge sangat dibutuhkan karena Lenovo Phab 2 Pro mempunyai baterai berkapasitas 4.050mAh. Bayangkan kalau tidak ada fitur tersebut, betapa lamanya waktu yang dibutuhkan untuk mengisi ulang baterai Lenovo Phab 2 Pro hingga penuh.

Kelemahan

Kalau dari luar, sepertinya kelemahan Lenovo Phab 2 Pro terletak pada bagian ketebalan bodinya. Sebenarnya ini bukan kelemahan, tetapi lebih kepada sisi yang kurang menarik. Bodi smartphone ini kurang ramping (bodi belakang cembung) dan cenderung lebih tebal bila dibandingkan dengan smartphone yang lain. Smartphone dikatakan ramping atau tipis bila ketebalan bodinya di bawah 7 mm (versi tim Jatimtech). Lebih dari itu, smartphone masih terlihat tebal.

Tak hanya ketebalannya saja yang membuat Lenovo Phab 2 Pro menjadi kurang menarik. Berat tubuh Phab 2 Pro yang mencapai 259 gram juga membuatnya menjadi kurang menarik. Dengan bobot seberat itu, pengguna berpotensi mengalami pegal-pegal di bagian tangan dan jari. Namun, bobot Lenovo Phab 2 Pro yang berat juga bisa menjadi penanda bahwa smartphone tersebut merupakan smartphone yang tangguh.

Tapi tunggu dulu, Lenovo Phab 2 Pro dikatakan tangguh untuk bagian tepi hingga cover belakang. Sementara, layarnya belum tentu. Hal ini dikarenakan Lenovo belum memberitahukan jenis proteksi layar apa yang disematkan pada Phab 2 Pro. Proteksi layar ini begitu penting mengingat ukuran layar Lenovo Phab 2 Pro begitu luas. Sayang sekali, kalau layar tersebut tiba-tiba tergores atau pecah hanya karena dimasukkan ke dalam tas atau saku (berisi kunci atau benda tumpul lainnya).

Harga Lenovo Phab 2 Pro

Saat ini, Lenovo Phab 2 Pro tersedia di pasaran Amerika Serikat dan dijual dengan harga sekitar Rp 6,5 jutaan. Kami belum mengetahui selanjutnya negara mana yang bakal disambangi oleh Lenovo. Semoga saja Indonesia juga termasuk salah satu destinasi negara yang dikunjungi Lenovo Phab 2 Pro.

Kesimpulan

Dengan adanya fitur Augmented Reality dari teknologi Project Tango, Lenovo Phab 2 Pro terlihat sangat menakjubkan. Kemungkinan, wajah baru smartphone masa depan adalah smartphone yang mempunyai teknologi seperti Lenovo Phab 2 Pro. Kalau kami diminta untuk menilai seberapa bagus Lenovo Phab 2 Pro, maka kami akan memberikan nilai 9,5 dari rentang nilai 1-10.