Google Maps

Perjalanan & Lokal

Google Maps

Aplikasi Navigasi dan Pemetaan Seluler

Home » Review Aplikasi » Google Maps

Google Maps

Pria memegang smartphone android google maps

Google Maps pertama kali diluncurkan pada Februari 2015. Layanan besutan Google ini menjadi pionir pemetaan seluler di perangkat Android dan iOS. Selang beberapa tahun kemudian, Apple mengembangkan aplikasinya sendiri yaitu Apple Maps di iPhone dan iPad.  Selama bertahun-tahun, Apple Maps berjuang dengan masalah teknis, seperti arah yang salah, tidak ada dukungan transportasi umum serta bug yang membuat layanannya menjadi tidak bisa digunakan maksimal. Selama waktu berkutat dengan masalah teknis itulah Google Maps menjadi aplikasi navigasi terpopuler di perangkat seluler.

Apa itu Google Maps?

Google Maps adalah layanan navigasi dan pemetaan yang dibangun Google. Dengan Google Maps, kita bisa mencari dan melihat lokasi di hampir seluruh belahan dunia. Setidaknya ada 220 negara dan ratusan juta tempat yang kini sudah dipetakan dan tersedia diakses. Google Maps sendiri awalnya hadir di perangkat desktop dan diakses melalui browser ( Chrome, Firefox, Opera, Safari, dll), namun seiring dengan perkembangan perangkat seluler smartphone dan tablet, Google Maps sekarang juga tersedia di platfrom Android dan iOS.

Fungsi dan Fitur Google Maps

Ada banyak sekali fungsi dan fitur aplikasi Google Maps yang bisa kita manfaatkan, baik sebagai pengguna awam hingga developer yang ingin membuat aplikasi dengan memanfaatkan API Google Maps. Setidaknya ada 10 fitur Google Maps yang bisa kita gunakan.

  1. Mendapatkan petunjuk arah transportasi
  2. Membuat peta lokasi
  3. Mengukur jarak dan waktu perkiraan sampai
  4. Mencampur informasi peta
  5. Menemukan lokasi Anda
  6. Mengatur rute perjalanan
  7. Mendapatkan informasi lalu lintas (lenggang-macet)
  8. Instruksi suara
  9. Berbagi lokasi dengan teman
  10. Pengeditan lokasi

Cara Menggunakan Google Maps

Bingung menggunakan Google Maps? Tenang, berikut ini kami berikan penjelasan bagi Anda yang ingin menggunakan Google Maps.

Ada banyak fungsi Google Maps yang tersembunyi dan masih belum jelas awalnya, dan perlu beberapa waktu untuk mengenalnya. Seperti cara menemukan tempat di Google Maps, kemudian menavigasi ke tempat-tempat itu, memberi rating tempat-tempat yang pernah Anda kunjungi dan kemudian menyimpan tempat favorit Anda untuk nanti.

Mengenal fitur-fitur di Google Maps

Google Maps memiliki jumlah data sangat besar di jalan, mulai dari lalu lintas, topografi, sistem transit, dan bangunan yang menjadikannya layanan yang sangat bagus untuk navigasi. Baik ketika ingin berkendara dengan motor, mobil, kereta api, bus, kereta bawah tanah, sepeda, bahkan jalan kaki. Google Maps memiliki informasi yang Anda perlukan, navigasi dari lokasi awal ke lokasi tujuan dengan jalur paling efisien. Dengan navigasi Peta yang tersedia, Anda akan mendapat petunjuk arah belokan demi belokan yang dibantu oleh data lalu lintas langsung, serta waktu transit langsung dengan petunjuk langkah di layar dan juga suara navigator.

  1. Download dan Install Google Maps di smartphone Anda. Aplikasi ini tersedia di Google Play dan App Store
  2. Login dengan akun Google-mu, isi email dan password pada bidang yang tersedia
  3. Setelah sukses masuk, Anda bisa mulai menggunakan Maps.

Review Google Maps

Google Maps adalah aplikasi yang sangat berguna ketika Anda sering bepergian. Kami rasa Google Maps salah satu aplikasi yang wajib Anda pasang, karena akan sangat membantu Anda untuk menuju lokasi yang Anda tuju.  Antarmuka yang tersedia di Maps pun sangat jelas, bahkan ketika seseorang baru menggunakannya bisa dengan mudah mengakses fitur yang tersedia.

FAQ

Google Maps lemot bisa dikarenakan banyak hal. Pertama, pastikan Anda update ke versi terbaru lewat Google Play atau App Store. Jika masih lemot, coba hapus cache yang tersimpan, masuk ke pengaturan - aplikasi - penyimpanan - hapus data.
Hal ini terjadi karena pengaturan GPS di smartphone Anda. Untuk meningkatkan tingkat akurasi lokasi, masuk ke lokasi - mode - pilih tingkat akurasi tinggi.
Pastikan aplikasi sudah update versi terbaru. Tambah volume speaker smartphone Anda hingga ada suara terdengar jelas.
Ini terjadi karena Google Maps tidak sinkron dengan sistem operasi di smartphone Anda. Pastikan install Google Maps dan Google Services ke versi terbaru.